Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk mulimedia interaktif berbasis android yang layak sebagai media pembelajaran tematik yang meningkatkan sikap peserta didik tehadap multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembanagn (Research and Development R&D) menurut Brog and Gall. Subyek penelitian adalah peserta didik SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu, SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu dan SDIT Nurul Fikri Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian ahli dan penilaian sikap. Teknik analisa data penelitian ini dengan menggunakan skor rata-rata (mean), skor persentase. Penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pemeblajaran tematik dan penggunaan multimedia interktif dapat meningkatkan sikap peserta didik terhadap multimedia interaktif.
Keywords
Article Details
References
- Arifin, Syamsul Bambang. 2015. Psikologi Sosial, Jawa Barat: CV Pustaka Setia
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Azwar, Saifuddin. 2021. Sikap Manusia Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting DalamMencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
- Hanafiah, Nanang dkk. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
- Hidayat, Komaruddin dan Bashori, Khoiruddin. 2016. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Prilanita, Y. N., & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktor Pembentuknya.Cakrawala Pendidikan, Juni 2017, Th. XXXVI, No. 2. 244-256. Diakses di https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/11223.
- Safaat, Nazruddin H. 2012.Pemrograman Aplikasi Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika
- Sugiyono 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sulistianti, Mei Lia dan Tegeh, 2022. “Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar”, Mimbar PGSD Undiksha Volume 10, Number 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/52918/24024. Diakses hari minggu, 05 Maret 2023 Pukul 15.31 WIB
- Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press
References
Arifin, Syamsul Bambang. 2015. Psikologi Sosial, Jawa Barat: CV Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2021. Sikap Manusia Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting DalamMencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hanafiah, Nanang dkk. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, Komaruddin dan Bashori, Khoiruddin. 2016. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Prilanita, Y. N., & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktor Pembentuknya.Cakrawala Pendidikan, Juni 2017, Th. XXXVI, No. 2. 244-256. Diakses di https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/11223.
Safaat, Nazruddin H. 2012.Pemrograman Aplikasi Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistianti, Mei Lia dan Tegeh, 2022. “Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar”, Mimbar PGSD Undiksha Volume 10, Number 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/52918/24024. Diakses hari minggu, 05 Maret 2023 Pukul 15.31 WIB
Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press