Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi pelaksanaan praktik tugas lapangan bagi alumni Di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu ditinjau dari aspek Context, (2) mengevaluasi pelaksanaan praktik tugas lapangan bagi alumni Di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu ditinjau dari aspek Input, (3) mengevaluasi pelaksanaan praktik tugas lapangan bagi alumni Di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu ditinjau dari aspek Process, dan (4) mengevaluasi pelaksanaan praktik tugas lapangan bagi alumni Di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu ditinjau dari aspek Product. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah 6 guru, 20 peserta didik Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu. Evaluasi menggunakan model CIPP dan dianalisi secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rerata (mean). Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ditinjau dari aspek Context, pelaksanaan praktik tugas lapangan bagi alumni Di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu terlaksana sangat baik, (2) Ditinjau dari aspek Input terlaksana sangat baik, (3) ditinjau dari aspek Process, terlaksana dengan baik, (4) Ditinjau dari Product terlaksana dengan sangat baik
Keywords
Article Details
References
- Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar.2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Pratisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Dikmenjur. Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013
- Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
- Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
References
Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar.2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Pratisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dikmenjur. Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara