Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Kimia kelas XI. IPA SMA Negeri 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IPA.1 SMA Negeri 1 Ujanmas semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XI.IPA.2 SMA Negeri 1 Ujanmas sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 1 Ujanmas sebagi kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar Peserta didik kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Ujanmas
Keywords
Article Details
References
- Aqib, Zainal 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajarn Konseptual (Inovatif). Bandung. Yrama Widya
- Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
- Diakses pada tanggal 3 Juni 2022
- Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
- Hamid, Moh Sholeh. 2011. Media Edutaiment. Jogjakarta: Diva Press Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Karim, Saeful, Utari dan Utami. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi belajar dan Kerjasama Siswa.Jurnal Pengajaran MIPA, Vol.17. Universitas Pendidikan Indonesia. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36104
- Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta
- Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasi dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara
- Yatmoko 2018 “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIP STAD untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDK Murukan Tahun Pelajaran 2017/2018
References
Aqib, Zainal 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajarn Konseptual (Inovatif). Bandung. Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Diakses pada tanggal 3 Juni 2022
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamid, Moh Sholeh. 2011. Media Edutaiment. Jogjakarta: Diva Press Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Karim, Saeful, Utari dan Utami. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi belajar dan Kerjasama Siswa.Jurnal Pengajaran MIPA, Vol.17. Universitas Pendidikan Indonesia. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36104
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasi dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara
Yatmoko 2018 “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIP STAD untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDK Murukan Tahun Pelajaran 2017/2018