Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan Keterampilan Shooting dan prestasi belajar dengan menerapkan part – whole method. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MIN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar soal tes. Subyek penelitian adalah siswa MIN 1 Kota Bengkulu kelas V semester 2. Hasil penelitian diperoleh siklus I Keterampilan Shooting siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu rata-rata 1,93 masuk ke Kriteria Kurang dengan siklus II mengalami peningkatan rata-rata 2,45 masuk ke Kriteria baik, dan siklus III mengalami peningkatan masuk kriteria Sangat Baik dengan 19 siswa memiliki skor diatas rata-rata dan sudah mampu menunjukkan indikator Keterampilan Shooting yang signifikan baik secara klasikal maupun individual. Untuk prestasi belajar siswa keberhasilan dilihat berdasarkan nilai posttest kurang efektif pada siklus I. Prestasi belajar siswa meningkat dengan cukup efektif pada siklus II. Prestasi belajar siswa meningkat signifikan dengan nilai sangat efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapkan part – whole method dapat meningkatkan Keterampilan Shooting dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskesrek kelas V MIN 1 Kota Bengkulu

Keywords

Part – Whole Method Shooting Prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Andriansyah Fadli Sapani, & Bayu Insanistyo. (2025). PENERAPAN PART - WHOLE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOOTING DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 154–161. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41510

References

  1. AECT. 2008. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali Algesindo
  2. Djoko Pekik Irianto. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta : FIK UNY
  3. Harsono. 2017. Periodisasi Program Pelatihan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  4. Januszewski, A & M.Molenda. 2008. Educational Technology: A Definition with. Commentary, New York: Routledge
  5. Soekatamsi. 2005. Permainan Sepak Bola I. Jakarta: Depdikbud Direktorat. Jendral Pendidikan Guru dan Teknis
  6. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  7. Sugiyanto SD. 1997 Perkembangan dan Belajar Gerak, Depdikbud Dirjen Dikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
  8. Winarno, F. G dan Rahayu. Titi Sulistyowati. 1994. Bahan Tambahan Untuk Makanan dan Kontaminan. Jakarta: Gramedia
  9. Winkel. W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia