Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)  Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Lahat (2). Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas XI Ipa SMA Negeri 3 Lahat (3). Mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lahat.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran (mixed method research), yakni mengkombinasikan peneliitian PTK dan kuasi eksperimen.Subjek penelitian terdiri dari siswa kwlas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Lahat (2). Subyek penelitian untuk kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas menggunakan lembar observasi dan tes belajar siswa.. Analisis data dilakukan  dengan menggunakan uji-t test. Berdasarkan analisis data penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan dalam model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran biologi.

Keywords

Kooperatif tipe make a match aktivitas belajar prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Widia Hartati. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 162–169. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41511

References

  1. Arikunto, Suharsimi .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineke Cipta
  2. Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
  4. Fauhah, Homroul, Rosy, Brillian 2021. Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 9(2):326327.Tersedia:https://journal.unesa.ac.id/index.-php/jpap/article/view/10080/4337 (diakses 11 Mei 2021)
  5. Helmawati .2018. Mendidik anak berprestasi Melalui 10 Kecerdasan Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  6. Huda, Miftahul (2013) Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran.
  7. Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI)Purwanto Agus, Dkk.2020. “Studi Explorative Dampak Pandemic Covid19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar” Jurnal Of Education,Psychology And Counseling Vol 2 Nomor 1 2020 (hal
  8. Rusman. 2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  9. Sardiman , A.M.2004 Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada
  10. Sudjana, Nana,2005. Dasar-dasarProses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo
  11. Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
  12. Sukmadinata, N.S. 2008. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
  13. Yogyakarta: Pustaka Indonesia