Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama penerapan model Project Based Learning dapat meningkatakan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia, kedua penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan ketiga mendeskripsikan efektifitas penerapan model project based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan untuk mengetahui efektifitas model Project Based Learning dilakukan dengan model penelitian Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X IPA 1. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara di undi, siswa kelas X IPA 2 kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Lahat

Keywords

Model Project Based Learning Keterampilan Kolaborasi prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Yudi Setiawan. (2025). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 170–176. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41512

References

  1. Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain Azwan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
  3. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Abad 21: Ghalia Indonesia
  4. Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan. Media Persada
  5. Lai, Emily, R. 2011). Collaboration A Literature Review. New York : Pearson
  6. Trilling, B And Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. San Francisco : Ca
  7. Wina, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
  8. Yani & Ruhiman. 2018. Teori dan implementasi pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.