Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama penerapan model Project Based Learning dapat meningkatakan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia, kedua penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan ketiga mendeskripsikan efektifitas penerapan model project based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan untuk mengetahui efektifitas model Project Based Learning dilakukan dengan model penelitian Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X IPA 1. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara di undi, siswa kelas X IPA 2 kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Lahat
Keywords
Article Details
References
- Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain Azwan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
- Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Abad 21: Ghalia Indonesia
- Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan. Media Persada
- Lai, Emily, R. 2011). Collaboration A Literature Review. New York : Pearson
- Trilling, B And Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. San Francisco : Ca
- Wina, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
- Yani & Ruhiman. 2018. Teori dan implementasi pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.
References
Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain Azwan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Abad 21: Ghalia Indonesia
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan. Media Persada
Lai, Emily, R. 2011). Collaboration A Literature Review. New York : Pearson
Trilling, B And Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. San Francisco : Ca
Wina, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
Yani & Ruhiman. 2018. Teori dan implementasi pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.