Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan bahan ajar tematik berbantuan Audiovisual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode rancangan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall, dengan sepuluh langkah penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 40 Kabupaten Bengkulu Tengah, berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian media dan tes untuk prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji t. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media belajar berbantuan audio visual dalam efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik IPA kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Bengkulu Tengah
Article Details
References
-
Anifah, Sri, 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri Di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran FKIP UNS. ISSN: 2354-6441 Volume 2, No.2, Hal. 185-198
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, P., 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui. Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. Bandung: PT Refika
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, P., 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui. Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. Bandung: PT Refika
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional