Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Dalam hal ini peneliti akan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan lanjutan kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa MAN 2 Kota Bengkulu kelas X C dengan jumlah 35 siswa. Selanjutnya pada penelitian kuasi eksperimen dipilih kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan cara simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis data observasi siswa dan guru serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, maka model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Kota Bengkulu
Keywords
Article Details
References
- Ngalimun. 2015 Strategi Dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
- Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Syaifullah, Achmad. 2010. Tips Bisa Percaya Diri, Garailmu, Jogjakarta.
- Taniredja,Tukiran, Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
- Sudjana, Nana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana
- Syah. 2005. Strtegi Belajar Mengajar. Jakarta: Ciputat Press.
References
Ngalimun. 2015 Strategi Dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Syaifullah, Achmad. 2010. Tips Bisa Percaya Diri, Garailmu, Jogjakarta.
Taniredja,Tukiran, Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana
Syah. 2005. Strtegi Belajar Mengajar. Jakarta: Ciputat Press.