Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan percaya diri dan kemampuan berbicara anak dengan menerapkan model bermain peran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (efisien riset) yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Harapan Bunda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk guru dan anak dalam pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata, persentase dan t-test. Hasil penelitian dapat menunjukkkan terjadinya peningkatan secara signifikan baik pada kemampuan percaya diri dan berbicara anak pada kelompok B PAUD Harapan Bunda

Keywords

Model Bermain Peran percaya diri Kemampuan Berbicara

Article Details

How to Cite
Ade Novia Lorenza. (2025). PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPERCAYA DIRI DAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 193–200. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41515

References

  1. Dhieni, Nurbiana. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta
  2. Ghufron M. Nur, Rini Risnawati S. 2010. Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media : YogJakarta
  3. Halida. (2011). Metode Bermain Peran dalam Mengotimalkan Kemampuan. Berbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Jurnal Cakrawala Pendidkan
  4. Hurlock, E.B. (2015). Psikologi Perkembangan Suatu Panjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga
  5. Puji, Santosa. (2005). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  6. Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production
  7. Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung