Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode kerja kelompok untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan dilanjutkan dengan kuasi ekperimen. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Merapi Timur Lahat. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan dan tes ,sedangkan kelas eksperimen hanya melakukan uji coba metode kerja kelompok. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan nilai rata-rata kelasikal. Berdasarkan analisis data penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan kerjasama siswa; (2) Penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan Prestasi  belajar siswa; (3) Terdapat efektivitas penggunaan metode kerja kelompok untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX  di SMP Negeri 2 Merapi Timur Lahat

Keywords

metode kerja kelompok , kerja sama prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Haryanti. (2025). PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 201–207. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41516

References

  1. Anik, Pamilu. 2007. Mengembangkan kerjasama dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku kita;
  2. Arikunto, Suharsimi,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
  5. Bundu, Patta 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
  6. Depdiknas.2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2004 Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.
  7. Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud
  8. Masitoh dan Laksmi Dewi, 2009. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan. Agama Islam Depag, )