Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 tanjung Sakti PUMI, (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP  Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pebelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan Eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kemampuan belajar kreatif siswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan anlisisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : (1) Penerapan model discovery learning dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) penerapan model pembelajran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajarn discovey learning efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran IPA

Keywords

Model pembelajran discovery learning kemampuan berpikir kreatif prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Elmarisa. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 208–2015. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41519

References

  1. Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  3. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Penerbit Ghalia Indonesia.
  4. Munandar,Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta
  5. Sagala, Syaiful. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta