Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Lahat semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Melalui teknik cluster random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII MIPA 2 dan kelas XII MIPA 3 sebagai kelas kontrol, instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik yaitu rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran RME dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas XII SMA Negeri 2 Lahat
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
- Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis Paradigma Baru pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa. Yogyakarta. Kanisius.
- Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.
- Martunis, dkk. 2014. Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Mode Pembelajaran Generatif. Diakses pada tanggal 23 Maret 2023 pada https://core.ac.uk/download/pdf/297832807.pdf
- Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
- Winkel.W.S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis Paradigma Baru pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa. Yogyakarta. Kanisius.
Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.
Martunis, dkk. 2014. Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Mode Pembelajaran Generatif. Diakses pada tanggal 23 Maret 2023 pada https://core.ac.uk/download/pdf/297832807.pdf
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Winkel.W.S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia.
