Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kritis pada mata pelajaran PJOK di Kelas XII MIPA 1, (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaraan PJOK di kelas XII MIPA 1, (3) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di kelas XII MIPA 1. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 semester 1 sebanyak 28 orang. Untuk sampel kuasi eksperimen siswa kelas XII MIPA 2 sebanyak 28 orang dan untuk kelas kontrol adalah kelas XII MIPA 3 sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Analisis Pre-test dan Post-test, (3) Analisis uji-t Prestasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 2 Lahat Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadi motivasi tersendiri bagi siswa dalam mengikuti materi pelajaran (3) model pembelajaran Problem Based Learning, efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK
Keywords
Article Details
References
- Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2).
- Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Pt Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi., Dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Bakri, A. M. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Hasil Belajar Ipa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 149-161.
- Fadilah, L., & Rohanah, R. (2016). Hubungan Harga Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat I Program Studi D Iii Jurusan Keperawatan Tangerang. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(1), 91-98.
- Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
- Fahrurrazi, F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Sikap Inovatif, Kompetensi Dan Budaya Organisasi.
- Fathurrohman, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 7(2), 270-288.
- Inch Edward, Warnick B, Endres D (2006) Critical Thinking And Communication, 5th Edition, Boston: Pearson
- Muafatun, S. (2018). Belajar Deduksi Dan Induksi: Upaya Melestarikan Seni Berpikir Kritis. Research Gate.
- Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
- Sapriya. Pendidikan Ips: Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. 2011.
- Simamora, L. (2015). Pengaruh Persepsi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 4(1).
- Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60
References
Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2).
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Pt Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi., Dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bakri, A. M. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Hasil Belajar Ipa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 149-161.
Fadilah, L., & Rohanah, R. (2016). Hubungan Harga Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat I Program Studi D Iii Jurusan Keperawatan Tangerang. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(1), 91-98.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
Fahrurrazi, F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Sikap Inovatif, Kompetensi Dan Budaya Organisasi.
Fathurrohman, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 7(2), 270-288.
Inch Edward, Warnick B, Endres D (2006) Critical Thinking And Communication, 5th Edition, Boston: Pearson
Muafatun, S. (2018). Belajar Deduksi Dan Induksi: Upaya Melestarikan Seni Berpikir Kritis. Research Gate.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
Sapriya. Pendidikan Ips: Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. 2011.
Simamora, L. (2015). Pengaruh Persepsi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 4(1).
Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60
