Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan pengembangkan media Qelectro Tech yang dapat meningkatkan prestasi belajar Dasar Teknik Listrik, Untuk  mendapatkan media pembelajaran yang layak dalam pembelajaran Dasar Teknik Listrik kelas X  SMK di Kabupaten Rejang Lebong, Untuk  mendeskripsikan efektifitas penggunanan media Qelectro Tech untuk meningkatkan prestasi belajar Dasar Teknik Listrik.  Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL di SMKN 1 Rejang Lebong dan SMKN 6 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, lembar penilaian dan tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata dan uji t menggunakan SPSS  versi 26. Kesimpulan penelitian ini adalah Media  pembelajaran interaktif Qelectro Tech yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi, Media  pembelajaran interaktif Qelectro Tech yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon siswa dan dari uji coba skala terbatas maupun skala luas pada kelas eksperimen yang menggunakan Media  pembelajaran interaktif Qelectro Tech dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran  terdapat perbedaan yang signifikan, Media pembelajaran yang dikembangkan menarik, bervariasi dan dilengkapi simulasi rangkaian yang tepat dan efektif dapat membantu meningkatkan pretasi belajar pada pelajaran dasar teknik listrik siswa kelas X pada SMK di Kabupaten Rejang Lebong

Keywords

Media Interaktif Qelectro Tech Prestasi Belajar

Article Details

Author Biographies

Hermayati, SMK Negeri 1 Rejang Lebong

SMK Negeri 1 Rejang Lebong

Buyung, Universitas Bengkulu

Universitas Bengkulu

How to Cite
Hermayati, & Buyung. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QELECTRO TECH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(2), 363–373. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i2.47174

References

  1. Ainamulyana. 2016. Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Prestasi belajar :http://ainamulyana .blogspot.co.id/ 2016/01/prestasi –belajar -siswa-pengertian-dan
  2. Dirman. 2014. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  3. Elaine, England 2002. Interactive Media-What’s that Who’s involve. http://www.Atsf.Co. uk/atsf/interactive_media.pdf
  4. Emzir. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajawali Pers
  5. Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 32-36.
  6. Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  7. Resti, Y., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 101-110.
  8. Rosita, Eni. 2015. Pengembangan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi belajar; Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu
  9. Sugiyono. 2016. Metode Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R &D); Bandung: Alfabeta
  10. Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Ilmu