Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangkan media Qelectro Tech yang dapat meningkatkan prestasi belajar Dasar Teknik Listrik, Untuk mendapatkan media pembelajaran yang layak dalam pembelajaran Dasar Teknik Listrik kelas X SMK di Kabupaten Rejang Lebong, Untuk mendeskripsikan efektifitas penggunanan media Qelectro Tech untuk meningkatkan prestasi belajar Dasar Teknik Listrik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL di SMKN 1 Rejang Lebong dan SMKN 6 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, lembar penilaian dan tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata dan uji t menggunakan SPSS versi 26. Kesimpulan penelitian ini adalah Media pembelajaran interaktif Qelectro Tech yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi, Media pembelajaran interaktif Qelectro Tech yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon siswa dan dari uji coba skala terbatas maupun skala luas pada kelas eksperimen yang menggunakan Media pembelajaran interaktif Qelectro Tech dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan, Media pembelajaran yang dikembangkan menarik, bervariasi dan dilengkapi simulasi rangkaian yang tepat dan efektif dapat membantu meningkatkan pretasi belajar pada pelajaran dasar teknik listrik siswa kelas X pada SMK di Kabupaten Rejang Lebong
Keywords
Article Details
References
- Ainamulyana. 2016. Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Prestasi belajar :http://ainamulyana .blogspot.co.id/ 2016/01/prestasi –belajar -siswa-pengertian-dan
- Dirman. 2014. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Elaine, England 2002. Interactive Media-What’s that Who’s involve. http://www.Atsf.Co. uk/atsf/interactive_media.pdf
- Emzir. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajawali Pers
- Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 32-36.
- Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Resti, Y., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 101-110.
- Rosita, Eni. 2015. Pengembangan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi belajar; Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu
- Sugiyono. 2016. Metode Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R &D); Bandung: Alfabeta
- Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Ilmu
References
Ainamulyana. 2016. Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Prestasi belajar :http://ainamulyana .blogspot.co.id/ 2016/01/prestasi –belajar -siswa-pengertian-dan
Dirman. 2014. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Elaine, England 2002. Interactive Media-What’s that Who’s involve. http://www.Atsf.Co. uk/atsf/interactive_media.pdf
Emzir. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 32-36.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Resti, Y., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 101-110.
Rosita, Eni. 2015. Pengembangan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi belajar; Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu
Sugiyono. 2016. Metode Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R &D); Bandung: Alfabeta
Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Ilmu
