Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 1 Mulak Ulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan tanggung jawab siswa, serta untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Analisis data pada penelitian kuasi eksperimen untuk mengukur pengaruh model pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan uji-t dua sampel tidak berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat
Keywords
Article Details
References
- Adiwiyoto, Anton. 2001. Melatih Anak Bertanggung Jawab. Jakarta: Mitra Utama
- Anwar, K., Sasongko, T. A., & Widodo, S. A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Gunawan, Hendra. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur di SMK Piri Sleman. Thesis. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
- Mulyana, M.A., Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.
- Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
- Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
- Sudarnoto, Komala. 2021. Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas V. Dalam penelitian yang dilakukan di SDN 2 Pandak Korwilcam Dindik Baturraden
- Sukmadinata, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Suprijono, Agus . 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka
- Wahab, 2016. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
References
Adiwiyoto, Anton. 2001. Melatih Anak Bertanggung Jawab. Jakarta: Mitra Utama
Anwar, K., Sasongko, T. A., & Widodo, S. A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Gunawan, Hendra. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur di SMK Piri Sleman. Thesis. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Mulyana, M.A., Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.
Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sudarnoto, Komala. 2021. Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas V. Dalam penelitian yang dilakukan di SDN 2 Pandak Korwilcam Dindik Baturraden
Sukmadinata, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus . 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka
Wahab, 2016. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
