Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 1 Mulak Ulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan tanggung jawab siswa, serta untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Analisis data pada penelitian kuasi eksperimen untuk mengukur pengaruh model pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan uji-t dua sampel tidak berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat

Keywords

model pembelajaran kooperatif tipe number heads together tanggung jawab prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Malta Depi, SMPN 1 Mulak Ulu Lahat

SMPN 1 Mulak Ulu Lahat

How to Cite
Malta Depi. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(2), 389–403. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i2.47178

References

  1. Adiwiyoto, Anton. 2001. Melatih Anak Bertanggung Jawab. Jakarta: Mitra Utama
  2. Anwar, K., Sasongko, T. A., & Widodo, S. A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6
  3. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  4. Gunawan, Hendra. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur di SMK Piri Sleman. Thesis. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Mulyana, M.A., Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.
  6. Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara
  7. Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
  8. Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  9. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
  10. Sudarnoto, Komala. 2021. Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas V. Dalam penelitian yang dilakukan di SDN 2 Pandak Korwilcam Dindik Baturraden
  11. Sukmadinata, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  12. Suprijono, Agus . 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka
  13. Wahab, 2016. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada