Main Article Content
Abstract
Penulisan ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode latihan dalam pembelajaran tari dengan menggunakan video untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik dan logis matematika pada kelompok B di TK. Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Metode penulisan menggunakan penulisan tindakan kelas (action research) dengan 3 siklus meliputi 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dilanjutkan dengan dengan quasi experiment. Sampel penulisan adalah anak didik kelompok B1 TK. Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Subjek penulisan adalah B1 untuk PTK, B2 untuk kelas kontrol dan B3 untuk kelas eksperimen yang ditentukan dengan menggunakan undian. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini menggunakan dua cara yaitu observasi guru dan anak. Hasil penulisan menunjukkan bahwa 1) penerapan metode latihan dalam pembelajaran tari menggunakan video dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan logis matematika anak TK. Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Hasil pelaksanan mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan logis matematika anak dari “Belum Berkembang” pada siklus I, menjadi “Mulai Berkembang” pada siklus II dan “Berkembang Sesuai Harapan” pada siklus III. 2) penulisan ini membuktikan bahwa penerapan metode latihan dalam pembelajaran tari menggunakan video akan lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan mempergunakan metode konvensional
Keywords
Article Details
References
- Ida Vera Sophya, 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Rumah Jurnal IAIN Kudus. Kudus.
- Kholifah Ainun, 2022, Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, Tesis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Din Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
- Loveita Meitarini. 2019. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan. Jurnal Instruksional , Volume 1, No mor 1, Oktober 2019.
- Musfiroh, 2005, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
- Sugiono, 2018, Memahami Peneltian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
- Widyasari, 2011. Penerapan Metode Pembelajaran untuk Pengembangan Kinestetik Anak Usia Dini. Jakarta.Rineka Cipta
References
Ida Vera Sophya, 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Rumah Jurnal IAIN Kudus. Kudus.
Kholifah Ainun, 2022, Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, Tesis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Din Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Loveita Meitarini. 2019. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan. Jurnal Instruksional , Volume 1, No mor 1, Oktober 2019.
Musfiroh, 2005, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiono, 2018, Memahami Peneltian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Widyasari, 2011. Penerapan Metode Pembelajaran untuk Pengembangan Kinestetik Anak Usia Dini. Jakarta.Rineka Cipta
