Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role playing berbasis multimedia untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistic dan kecerdasan interpersonal di kelompok B Tk Baitul Ilmi Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) dengan 3 siklus meliputi 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dilanjutkan dengan dengan quasi experiment. Sampel penelitian adalah anak didik kelompok B1 TK Baitul Ilmi kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah B1 untuk PTK, B2 untuk kelas control dan B3 untuk kelas eksperimen yang ditentukan dengan menggunakan undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara yaitu observasi guru dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode role playing berbasis multimedia dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistic dan kecerdasan interpersonal anak TK. Baitul Ilmi. Langkah-langkah pelaksanaan metode role playing berbasis multimedia dilakukan dengan pengamatan pihak lain. Hasil pelaksanan mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan verbal linguistic dan kecerdasan interpersonal anak dari “Belum Berkembang” pada siklus I, menjadi “Mulai Berkembang” pada siklus II dan “Berkembang Sesuai Harapan” pada siklus III. 2) Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode role playing berbasis multimedia akan lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan mempergunakan metode konvensional. Hasil penelitian pada kelas ekspermen dan kelas control memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kecerdasan verbal linguistic dan kecerdasan interpersonal
Keywords
Article Details
References
- Agnew. Palmer W. Kellerman. Anne S. Meyer. Jeanine. 2006 .Multimedia In The Classroom.Allyn And Bacon Boston
- Agus Efendi. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
- Arikunto. S. 2010. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
- Depdiknas. 2003. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang
- Dewi. L. M. I.. & Rimpiati. N. L. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi. Jepun. 1(1). 31–46.
- Dimyati Dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Erikson. Erik H. 2013. Childhood And Society. Yogyakarta: Pustaka Belaja Erikson. Erik H. Childhood And Society. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Kemendiknas. 2014. Direktorat Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Direktorat Pembinaan TK Dan SD. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
- May Deassy Andini Dan Endang Supardi. 2008. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1. No.02.
- Miksan Ansori . 2016. Pengaruh Kecerdasan Verbal-Linguistik Dan Kecerdasan Visuo-Spatial Terhadap Kreatifitas Siswa Islamic Boarding School SMP Islam Al-A’la”. Dalam Jurnal Al Lubab 1 (1). 45-66
References
Agnew. Palmer W. Kellerman. Anne S. Meyer. Jeanine. 2006 .Multimedia In The Classroom.Allyn And Bacon Boston
Agus Efendi. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Arikunto. S. 2010. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang
Dewi. L. M. I.. & Rimpiati. N. L. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi. Jepun. 1(1). 31–46.
Dimyati Dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Erikson. Erik H. 2013. Childhood And Society. Yogyakarta: Pustaka Belaja Erikson. Erik H. Childhood And Society. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kemendiknas. 2014. Direktorat Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Direktorat Pembinaan TK Dan SD. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
May Deassy Andini Dan Endang Supardi. 2008. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1. No.02.
Miksan Ansori . 2016. Pengaruh Kecerdasan Verbal-Linguistik Dan Kecerdasan Visuo-Spatial Terhadap Kreatifitas Siswa Islamic Boarding School SMP Islam Al-A’la”. Dalam Jurnal Al Lubab 1 (1). 45-66
