Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode Treasure Hunt, untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu, serta mendeskripsikan efektifitas penerapan metode treasure hunt dalam meningkatkan kerjasama dan presatsi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dipadukan dengan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIa SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas PTK dan kelas VIIb SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas eksperimen, dan VIIc SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas kontrol. Prosedur pelaksaan pada Penelitian Tindakan Kelas, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berupa evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Pada penelitian quansi eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes

Keywords

metode treasure hunt kerjasama prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Deslanto, SMP Negeri 2 Mulak Ulu

SMP Negeri 2 Mulak Ulu

How to Cite
Deslanto. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREASURE HUNT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(2), 461–470. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i2.47215

References

  1. Anwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: pustaka pelajar
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta
  3. armawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  4. Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka. Cipta
  5. Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Jacobsen, David A, dkk. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta : Pustaka
  6. Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Purwanto. 2013.Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Rajawali Pers
  9. Santoso, Singgih. 2014. Statistik Parametrik Konsep dan. Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media
  10. Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo:
  11. Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja. Rosdakarya
  12. Yamin, M. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press