Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan teknik Penyajian Soal Berbasis CBT dengan tujuan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris, di kelas IX SMP Negeri 8 Pagar Alam. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 8 Pagar Alam. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan lembar penilaian dan ujian prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa teknik Penyajian Soal Berbasis CBT yang dikembangkan berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Bahasa Inggris secara efektif pada siswa kelas IX SMP Negeri 8 Pagar Alam
Keywords
Article Details
References
- Alyona, C., Studi, P., Informatika, T., & Ambon, P. N. 2020. Pengembangan Prototype Sistem Ujian Berbasis Computer Based Te St ( Cbt ) Pada Program Studi Teknik. 02(04), 51–57.
- Arikunto, S. 2008. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In S. Arikunto (Ed.), Jakarta: Rineka Cipta . PT Rineka Cipta.
- Butar-buta, D. F., Panjaitan, H., & Butar-butar, D. F. 2019. Perancangan Aplikasi Computer Based Test ( Cbt ) Berbasis Web. 59–74.
- Lidya Wati, Kasmawi, S. M. T. 2018. Implementasi Computer Based Test ( Cbt ) Di Sekolah Menengah. 5458.
- Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D (Sugiyono (ed.); 2nd ed.). 2022
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
References
Alyona, C., Studi, P., Informatika, T., & Ambon, P. N. 2020. Pengembangan Prototype Sistem Ujian Berbasis Computer Based Te St ( Cbt ) Pada Program Studi Teknik. 02(04), 51–57.
Arikunto, S. 2008. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In S. Arikunto (Ed.), Jakarta: Rineka Cipta . PT Rineka Cipta.
Butar-buta, D. F., Panjaitan, H., & Butar-butar, D. F. 2019. Perancangan Aplikasi Computer Based Test ( Cbt ) Berbasis Web. 59–74.
Lidya Wati, Kasmawi, S. M. T. 2018. Implementasi Computer Based Test ( Cbt ) Di Sekolah Menengah. 5458.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D (Sugiyono (ed.); 2nd ed.). 2022
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
