Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan https://ejournal.unib.ac.id/diadik <p>Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini memuat hasil penelitian maupun kajian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi pendidikan.</p> <p><a title="p-ISSN Diadik" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1324523892" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2089-483x</a></p> <p><a title="e-ISSN Diadik" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1544789102" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2655-8130</a></p> en-US <p> </p> <p> </p> diadik.fkip@unib.ac.id (Buyung) azharlubis@unib.ac.id (Azhar Aziz Lubis) Wed, 30 Oct 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38507 <p>Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang diperoleh bahwa muatan pelajaran PKn di kelas V SD Negeri 47 Kota Bengkulu masih belum mendapatkan tempat di hati para siswa. Hal ini terbukti pada kerjasama antar siswa kurang terjalin, dan hasil ulangan harian siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Bengkulu, diperoleh data nilai tertinggi ulangan harian PKn siswa adalah 82, nilai terendahnya adalah 32, sedangkan rata-ratanya adalah 61. Hasil itu menunjukkan kategori sedang yang tentunya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Pada umumnya para siswa menganggap pelajaran PKn sebagai pelajaran yang tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw</em> untuk meningkatkan Kerjasama siswa kelas V SD Negeri 47 di Kota Bengkulu. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 47 di Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (observasi), sedangkan teknik analisis data dengan rata-rata (mean) dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw</em> dapat meningkatkan kerjasama siswa pada muatan pelajaran PKn di SD Negeri 47 Kota Bengkulu</p> Bambang Sahono, Emi Agustina Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38507 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38508 <p>Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe <em>Cooperative Script</em> dapat meningkatkan menyimak peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe <em>Cooperative Script</em> dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Untuk mendiskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe <em>Cooperative Script</em> dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kemudian dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subjek penelitian PTK ini adalah peserta didik kelas V SDN 06 Selagan Raya sedangkan di kelas eksperimen kelas V SDN 04 Selagan Raya. Teknik pengumpulan data nilai dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif komparatif, analisa observasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Cooperative Script</em> dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan kecermatan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Cooperative Script</em> dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe <em>Cooperative Script</em> efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena selain meningkatkan kemampuan menyimak juga dapat meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti</p> Safruddin Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38508 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38510 <p>Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan sikap kemandirian siswa pada pelajaran IPA. (2) Mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas V SDN Gugus 3 Malin Deman. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 3 Malin Deman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan kemandirian siswa, (2) Analisis <em>Pre-test </em>dan <em>Post-test</em>, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar Siswa. Instrumen validasi materi dan kemandirian siswa dalam penelitian yang digunakan adalah model skala <em>linkert</em>. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan kemandirian &nbsp;siswa pada mata pelajaran IPA. (2) &nbsp;Penerapan &nbsp;pendekatan konstruktivis &nbsp;dapat &nbsp;meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran&nbsp; IPA di kelas V SDN Gugus 3 Malin Deman&nbsp; Tahun&nbsp; Pelajaran&nbsp; 2022/2023&nbsp; dan&nbsp; (3) &nbsp;Penerapan&nbsp; pendekatan konstruktivis efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional</p> Zaenal Abidin Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38510 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38509 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multimedia interaktif virtual laboratorium yang layak untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Selain itu bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas multimedia interaktif virtual laboratorium yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada materi daya hantar listrik. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA di SMA Kota Bengkulu, yaitu SMAN 4 dan SMAN 7 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian, lembar respon dan hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah rata-rata (mean), uji paired test dan uji independent sampel t-test. Instrumen validasi ahli dan respon siswa terhadap produk dalam penelitian ini adalah skala Likert. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia interaktif virtual laboratorium yang dikembangkan dinyatakan layak serta efektif untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa</p> Herlika Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38509 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PRAKTIKUM KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38514 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) penyusunan multimedia tutorial praktikum kimia yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) efektifitas multimedia tutorial praktikum kimia yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran kimia materi senyawa asam dan basa. Penelitian pengembangan (<em>Research and Development</em>) ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah dan SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian, lembar respon dan tes penilaian kemampuan berpikir kreatif siswa melalui tes tertulis dan penilaian proyek. Analisis data yang digunakan menggunakan uji <em>independent t test</em> dan <em>effect size</em>. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia tutorial praktikum kimia yang dikembangkan dinyatakan layak serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada ke empat aspek kemampuan berpikir kreatif</p> Farizal, Bambang Sahono Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38514 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN SPORTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38515 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sportivitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMPT IT Darussalam Kikim Barat dengan menerapkan metode pembelajaran team Quiz. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A untuk kelas PTK, kelas eksperimen VII B, dan kelas kontrol VII C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran team Quiz dapat meningkatkan sportivitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas VII SMP IT Darussalam Kikim Barat</p> Ahmad Riyadloh Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38515 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38516 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas IX SMPT IT Darussalam Kikim Barat dengan menerapkan metode pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A untuk kelas PTK, kelas eksperimen IX B, dan kelas kontrol IX C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas IX SMP IT Darussalam Kikim Bara</p> Dewi Wahyuni Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38516 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38517 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Think,Talk,Write (TTW) </em>untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika SD Negeri 03 Lubuk Pinang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD negeri 03 Lubuk Pinang. Tahun pelajaran 2022/2023 Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada peserta didik setiap siklus.Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi Keaktifan peserta didik.Data hasil tes dianalisis dengan cara statistik deskriptif dan data hasil non tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Think,Talk,Write (TTW) </em>dapat meningkatkan Keaktifan dan prestasi belajar peserta didik Kelas IV SD Negeri 03 Lubuk Pinang</p> M. Nurcipto Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38517 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38519 <p>Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran Matematika berbasis <em>Augmented Reality</em> yang layak sehingga mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran Matematika berbasis <em>Augmented Reality</em> untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian pengembangan atau <em>Research and Development (R&amp;D)</em>. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Santo Yosef Lahat, SMP Negeri 4 Lahat, dan SMP Negeri 2 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan&nbsp; adalah (1) Analisis data instrumen penilaian ahli materi, (2) Analisis data instrumen penilaian ahli media, (3) Analisis data tanggapan peserta didik<em>, </em>(4) Analisis n-gain angket kemandirian belajar. Instrumen validasi pengembangan multimedia dan kemandirian peserta didik dalam penelitian yang digunakan adalah model skala <em>linkert. </em>Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis <em>Augmented Reality</em> yang dikembangkan, layak untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didi</p> Petrus Chanel Dananjaya, Alexon Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38519 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38520 <p>Tujuan penelitian ini menerapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> untuk meningkatkan akivitas dan prestasi siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan cara penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 1 Lahat Selatan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil prestasi siswa dari siklus pertama sampai siklus ketiga. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Problem Based Learning </em>tidak hanya meningkatkan aktivitas belajar siswa tetapi juga meningkatkan pemahaman materi dan ini mempunyai dampak meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Teknik pengambilan PTK dengan cara pengamatan dan tes ,sedangkan kelas eksperimen hanya melakukan uji coba model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>yang mengambil kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan yang signifikan dengan menggunakan uji t – test. Berdasarkan analisis data penelitian ini, ditemukan bahwa terdapat perbedaan dalam model pembelajaran yang menggunakan <em>Problem Based Learning </em>untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI</p> Ridiansyah Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38520 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL WARGA BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38521 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendesskripsikan pengembangan, keayakan dan efektifitas modul pembelajaran berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan fungsional warga belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&amp;D (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SPNF SKB, Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang . Subjek dalam penelitian ini adalah warga belajar keaksaraan usaha mandiri, Kepala SPNF SKB, pengelola, dan tutor. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lenmbar angket validasi dan tes. Data dianalisis dengan sistem deskriptif persentase, data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil validasi tim ahli dan hasil kuisioner/respon warga belajar terhadap modul pembelajaran berbasis potensi lokal pada keaksaraan fungsional yang dikembangkan dan uji T. Hasil penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) Berdasarkan analisi yang telah dilakukan, maka dikembangkan modul pembelajaran sesuai dengan karaakter warga belajar, Hasil validasi pengembangan modul oleh ahli materi mendapatkan skor 4,4 dengan penilaian Layak digunakan, sedangkan ahli media mendapatkan skor 4,6 dengan penilaian sangat layak. Berdasarkan perhitungan persentase hasil kelayakan modul oleh validator didapatkan hasil 82,5% untuk ahli materi, 91% untuk ahli media. Sedangkan validasi kelayakan oleh pamong belajar adalah 81,7% dan Tutor 89,2%. Hasil validasi dari warga belajar juga menunjukan persentase 83,7%. Berdasarkan persentase ini para validator menyatakan bahwa modul ajar keaksaraan fungsional ini layak digunakan untuk mendukung proses pembelajara bagi warga belajar di SPNF SKB Kepahiang. Hasil analisis postes dan pretest yang dilakukan pada 20 warga belajar yang telah diuji coba menggunakan modul pembelajaran berbasis potensi lokal didapatkan hasil t hitung &gt; t tabel dengan df=19 dan sig.0,00. Yang berarti terdapat perubahan yang signifikan pada hasil test yang dilakukan, yang artinya modul pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan fungsional warga belajar</p> Alkuratul Fitri, Buyung Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38521 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38522 <p>Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yaitu Untuk menghasilkan sumber pembelajaran berbasis android yang diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk menghasilkan sumber pembelajaran yang layak untuk digunakan oleh siswa berupa aplikasi berbasis android dan untuk menghasilkan sumber pembelajaran yang efektif dan menarik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Secara umum terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian dan pengembangan (R &amp; D) yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft awal, 4) pengujian ahli dan uji lapang awal, 5) revisi produk awal, 6) pengujian lapang utama,7) revisi produk hasil uji lapang utama, 8) pengujian lapang operasional, 9) revisi produk hasil uji lapang operasional, dan 10) implementasi serta desiminasi. Adapun hasil dari penelitian ini sebuah media pembelajaran berbasis android yang diterapkan dalam proses belajar siswa di SMK IT Teknologi Al Fath dan produk ini berhasil untuk meningkatkan prestasi belajar siswa</p> Aris Munandar Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38522 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38523 <p>Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>contextual teaching and learning</em> (CTL) dalam meningkatkan berpikir kritis siswa. (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>contextual teaching and learning</em> (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 23 Mukomuko. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Mukomuko yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan berpikir kritis, (2) Analisis <em>Pre-test </em>dan <em>Post-test</em>. Dari hasil lembar observasi dan tes siswa siklus I diperoleh hasil penerapan CTL oleh guru sebesar 77,71% (kriteria baik), kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 50% (kriteria kurang), dan perbandingan persentase ketuntasan pre-test dan post-test adalah 36,88% dan 41%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil penerapan CTL oleh guru sebesar 87,42% (kriteria baik sekali), kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70% (kriteria baik), dan perbandingan persentase ketuntasan pre-test dan post-test adalah 50% dan 75%. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan pembelajaran <em>contextual teaching and learning</em> (CTL) dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika. (2) &nbsp;Penerapan model pembelajaran <em>contextual teaching and learning</em> (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMPN 23 Mukomuko</p> RITAWATI Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38523 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38524 <p>Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode Demonstrasi&nbsp; untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada mata Pelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 1 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data di laksaanakan menggunakan Lembar Penilaian dan Test hasil Belajar siswa serta dengan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan Mean dan t-tesT.&nbsp; Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan Metode Demontrasi dalam proses Pembelajaran IPA Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Merapi Timur menunjukan hasil yang signifikan. Sehingga menurut peneliti Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran IPA di SMP sangat layak untuk diteruskan karena dapat menigkatkan keaktifan dan Prestasi Belajar.</p> Sapirman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38524 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 MINAT SISWA TERHADAP MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38525 <p>Program Studi Teknologi Pendidikan, Pasca Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perasaan, perhatian, kemauan dan minat siswa pada muatan pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri 03 Teras Terunjam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa secara umum minat siswa terhadap muatan pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SDN 03 Teras Terunjam adalah baik, namun masih ada beberapa hambatan. Hambatan itu adalah masih kurang lengkapnya fasilitas- fasilitas olahraga yang dimiliki.</p> Kasmanto Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38525 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NEGERI 05 IPUH https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38526 <p>Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD Negeri 05 Ipuh. Tesis. Bengkulu: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran penjas di SD Negeri 05 Ipuh. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Ipuh. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan jasmani, dan seluruh peserta didik. Peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 210 &nbsp;anak. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu program pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri 05 Ipuh telah berbedoman pada badan standar nasional pendidikan (BSNP), akan tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan standar nasional pendidikan tersebut. Aspek yang masih kurang sesuai atau belum mencapai standar yaitu kesesuaian materi yang disampaikan, sarana dan prasarana penjas serta pelaksanaan pembelajaran penjas.</p> Khairul mukmin Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38526 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38527 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran yaitu <em>busy book, </em>yang dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan <em>(Research and Development / R&amp;D) </em>dengan model pengembangan ADDIE<em>. </em>Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK IT Bunayya Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang anak. Data yang didapat dari penelitian ini berupa data ahli media, ahli materi, dan hasil tes anak. Teknik analisis data dengan membuat tabulasi dan uji hipotesis. Tabulasi data dari ahli media dan ahli materi menggunakan skor rata-rata, data kemampuan logika matematika anak menggunakan skor, analisis peningkatan kemamapuan logika matematika anak menggunakan<em> paired sample t-test. </em>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media <em>busy book </em>layak dijadikan sebagi media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini</p> Elva Zulyawati. F.N, Nina Kurniah Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38527 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38528 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>mind mapping </em>untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata ekonomi lintas minat kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian tindakan kelas adalah kelas XI IPA 2 SMAN 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 31 siswa. Sampelnya terdiri dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan instrument lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, dan lembar observasi kreativitas siswa serta tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan rumus rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus di kelas XI IPA 2, hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan model pembelajaran <em>mind mapping</em>, kreativitas siswa dalam pembelajaran serta prestasi belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran <em>mind mapping </em>dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi</p> Septy Falensia, Bayu Insanistyo Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38528 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38529 <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan <em>e-modul</em> mata pelajaran kimia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) kelayakan <em>e-modul</em> mata pelajaran kimia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) efektifitas <em>e-modul</em> mata pelajaran kimia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&amp;D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu 1) <em>analyze</em>, 2) <em>design</em>, 3) <em>development</em>, 4) <em>Implementation</em>, dan 5) <em>evaluation</em>. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, angket, dan hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan <em>e-modul</em> dengan menggunakan uji ahli kemudian uji keefektifan <em>e-modul</em> menggunakan uji t. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) <em>e-modul</em> mata pelajaran kimia yang dikembangkan melalui tahapan ADDIE, (2) <em>e-modul</em> mata pelajaran kimia yang dikembangkan layak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI MIPA, (3) <em>e-modul</em> mata pelajaran kimia yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia di Kelas XI MIPA</p> Silvianita Rosi Stefhani, Johanes Sapri Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38529 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38530 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>discovery learning </em>untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ujanmas semester Genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ujanmas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran <em>Discovery learning</em> dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ujanmas</p> Leni Satriani Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38530 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38531 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mendeskripsikan penerapan model <em>Experiential Learning</em> dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model <em>Experiential Learning</em> untuk meningkatkan berpikir kreatif dan prestasi belajaran pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. 2). Mendeskripsikan penerapan model <em>Experiential Learning</em> dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. 3). Mendeskripsikan efektivitas penerapan model <em>Experiential Learning</em> dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah 28 orang di kelas XI MIPA 1, untuk kelas eksperimen berjumlah 28 orang di kelas XI MIPA 2, dan untuk kelas kontrol 28 orang di kelas XI MIPA 3. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi model <em>Experiential learning</em>, lembar observasi berpikir kreatif, dan test hasil belajar. Sedangkan analisis data menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: 1). Penerapan model <em>Experiential Learning</em> dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, 2). Penerapan model <em>Experiential Learning</em> dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan 3). Penerapan model <em>Experiential Learning</em> efektif meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat.</p> Merriyani Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38531 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38532 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMA N 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ujanmas semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII IPS 2&nbsp; SMA N 1 Ujanmas dan kelas kontrol&nbsp; XII IPS 3 SMA N 1 Ujanmas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (<em>mean</em>), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa kelas&nbsp; XII SMA N 1 Ujanmas dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan perstasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional</p> Desi Anggraini Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38532 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38533 <p>Penelitian ini bertujuan Untuk: mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>problem based learning</em>&nbsp; dalam meningkatkan tanggung jawab&nbsp; siswa pada mata pelajaran Matematika kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Lahat,&nbsp; mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>problem based learning </em>dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika&nbsp; kelas XI&nbsp; IPA di SMA Negeri 3 Lahat, Mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran <em>problem based learning</em> dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika&nbsp; kelas XI di SMA Negeri 3 Lahat. Penelitian dilasanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan tanggung jawab siswa dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian dilaksanakan dikelas XI IPA 1 sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Penerapan model pembelajaran <em>problem based learning</em> dapat meningkatkan tanggung jawab&nbsp; siswa,&nbsp; Penerapan model pembelajaran <em>problem based learning </em>dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,&nbsp; Penerapan model pembelajaran <em>problem based learning </em>dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada matapelajaran matematika.</p> Nurul Hayati Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38533 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENSIAL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL DAN PRETASI BELAJAR https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38534 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial dan prestasi belajar peserta didik di SMA N 2 Bengkulu Utara dengan menggunakan model pembelajaran Jurisprudensial Inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes prestasi belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Subjek Penelitian Tindakan Kelas adalah adalah peserta didik kelas XI IPS 3, sedangkan kelas Eksperimen adalah XI IPS 1 dan kelas Kontrol XI IPS 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jurisprudensial Inkuiri dapat meningkatkan kepekaan sosial dan prestasi belajar peserta didik, dan penerapan model Jurisprudensial Inkuiri egfektif dapat meningkatkan prestasi belajar di SMA N 2 Bengkulu Utara.</p> Lamtiur Tampubolon Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38534 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD PERTIWI I KOTA BENGKULU https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38535 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Drill and Practice melalui kegiatan menggambar untuk meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Paud Pertiwi I Kota Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK yang dilaksanakan berupa siklus tindakan yang terdiri dari 3 skilus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan kelompok kontrol adalah kelas B3 Paud Pertiwi I Kota Bengkulu dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Data penelitian menggunakan statistik diskriptif, rata-rata (mean), persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan motorik halus dan kreativitas secara signifikan pada setiap siklus sehingga menggunakan metode Drill and Praktice melalui kegiatan menggambar efektif digunakan pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I hanya 2,33 kriteria MB, pada siklus II meningkat menjadi 2,71 kriteria BSH dan pada siklus III mencapai 3,28 dengan kriteria BSB.</p> Henni mayasari Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38535 Wed, 04 Dec 2024 00:00:00 +0000