Main Article Content

Abstract

The purpose of this research is to examine the influence of basic of capability SMK’S student Mathematic, Bahasa Indonesia, English, Fundamental Accounting, Financial Accounting and Cost Accounting. The sample of this study concaist of 111 student of SMKS 11 2014th. The study found that the capability SMK’S student in Mathematic, Fundamental Accounting, Financial Accounting give positively influence to student competency skill. Meanwhile the variable of basic Indonesia language, English language, and Cost Accounting did not give positive influence to student competency. The implemention can be used as input in the process of learning to prepare SMK graduate wits good quality and to increase the knowledge and development of future research. Therefore, capability of Mathematic, Fundamental Accounting, and Financial Accounting should be improved more than before.

Keywords

Mathematic Language Accounting Competency SMK

Article Details

How to Cite
Contessa, E., & Aziza, N. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN DASAR DAN PENDUKUNG TERHADAP KOMPETENSI SISWA AKUNTANSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JURNAL FAIRNESS, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.33369/fairness.v6i1.15117

References

  1. Abdullah, Sukry, dan Rosna. 2004. Kemampuan Matematika, Gender dan Kinerja Akademik Mahasiswa Akuntansi: Sebuah Studi Empiris. Jurnal Akuntansi dan Investasi. Vol 5 Nomor 1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
  2. Adjani, Sagita dan Adam, Helmy.2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. FEB: Universitas Brawijaya
  3. Adriani, Inge. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Akuntansi (Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah) di Universitas Bengkulu. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Bengkulu.
  4. Agung, Lilik. 2007. Human Capital Competencies. Jakarta: Elex Media Komputindo
  5. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
  6. Arti kompetensi. 2012 (Online) (Diakses 12 November 2014) tersedia Word Wide Web di http//www.referensimakalah.com/2012/10a-research.ap.edu/…/s-pea-0705832-chapter 1.pdf (Online) (Diakses 30 November 2014)
  7. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2013. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Prosedur Operasi Standar. Jakarta
  8. Balitbang Depdiknas. 2009. Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Jakarta
  9. Ballard, Charles L., and Marianne F. Jhonson. 2004. Basic Match Skills and Performance in an introductory Economics Class. Journal of Economic Education 35 (1): 3-23, Winter.
  10. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu
  11. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka
  12. Departemen Pendidikan Nasional, 2004. Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta Djarwanto dan Pangestu Subagiyo. 2000. Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE
  13. Firmansyah, Muhammad. 2011. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Bahasa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi di Universitas Bengkulu. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Bengkulu.
  14. Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  15. Harnanto. 1982. Akuntansi keuangan Intermediate.Yogyakarta: BPFE
  16. Harniasih, Wahyuana. 2005. “ Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001”. Skripsi dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.
  17. Hery. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jakarta: Bumi Aksara
  18. Julisnini, Iunipa. 2006. Kemampuan Matematika, Motivasi, Gender dan Kinerja Akademik Mahasiswa Akuntansi. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Bengkulu.
  19. Junaidi, Wawan. 2011. Arti Kompetensi.(Online) (Diakses pada tanggal 18 November 2014) http://www.geogle.com./search/q=arti+kompetensi. Blogsport.com>pendidikan. Jul 3 2011.
  20. Kemendikbud Dinas Diknas Kota Bengkulu. Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional. Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2012/2013
  21. Kemendikbud Dinas Diknas Kota Bengkulu. Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional. Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2013/2014
  22. Kementerian Pendidikan Nasional. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Jakarta.
  23. Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kelulusan Kelulusan. Jakarta
  24. Lestari, Puji dan Irianing Suparlinah. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 11 (2): 144-152. Jawa Tengah
  25. Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep, dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  26. Mardiyanti, Dian. 2007. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Bahasa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Siswa Kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun 2004/2005. Skripsi dipublikasikan Universitas Negeri Malang.
  27. Kementerian Pendidikan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 144 Tahun 2014 Tentang Kriteria Kelulusan Pesrta Didik Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional. Jakarta
  28. Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Aditya Media
  29. Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Krakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  30. Pengertian Kompetensi (2008) (Online) (Diakses pada tanggal 18 November 2014) tersedia di Word Wide Web: http: //www. referensi makalah.com/2012/10/pengertiankompetensi.
  31. Pritchard, Robert E., George C. Romeo, and Michael s. Saccucci, 2000. Quantitative Skills and Performance in Principles of Finance: Evidence from a Regional University, Finansial Practice and Education 10 (2): 167- 174, Fall-Winter.
  32. Priyatno, Dwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
  33. Rusnaini. 2004. Hubungan Kemampuan Matematika Dengan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas 2 Semester 3 Program Bisnis dan Manajemen Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 di Kota Curup. Skripsi tidak dipublikasikan. Bengkulu: FKIP Program Studi Fisika Universitas Bengkulu.
  34. Setiawan. 2006. Meraih Nilai Akademik Maksimal. (Online) (Diakses 11 November 2014) Tersedia di Word Wide Web http: //www.pend- tinggi.com/nilai098+akademik/html.
  35. Shahab, Abdullah. 1989. Intermediate Accounting. Bandung: SAS
  36. Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  37. Smaradhipa, Galih. 2005. Bertutur dengan Tulisan. (Online) (Diakses 05 November 2014) Tersedia di http: //www.rayakultura.com.
  38. Smith, J.W., 1968. Articulation of High Scool Bookkeeping and College Elementary Accounting. Unpublished Doctoral Disertation. University of Oklahoma.
  39. SMKN 1, 2014. Buku Daya Serap Lulusan. Bengkulu. SMKS 11, 2014. Buku Daya Serap Lulusan. Bengkulu.
  40. Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
  41. Sugiyono. 2006. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
  42. Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
  43. Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Suliyanto, 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
  44. Suwardjono. 2003. Akuntansi Pengantar. Yogyakarta: BPFE Winkel, W.S. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta:Gramedia.