Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to empirically prove the effect of profitability, managerial ownership on firm value, and to prove empirically that CSR disclosure is able to moderate the relationship between profitability and firm value.
The population of this research is all mining sector companies listed on the IDX in 2013-2015 totaling 41 companies. Samples were taken using the purposive sampling technique, obtained a sample of 34 companies. The analytical method used is multiple linear regression.
The results of this study indicate that the profitability variable has a negative effect on firm value. Managerial ownership has no effect on firm value. Institutional ownership has a negative effect on firm value. CSR disclosure moderates the relationship between profitability and firm value.

Keywords

Profitability Managerial Ownership Institutional Ownership CSR Disclosure and Company Value

Article Details

How to Cite
Nindita, N. R., Saiful, S., & Coryanata, I. (2021). PENGUNGKAPAN CSR PADA HUBUNGAN PROFITABILITAS DAN STUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. JURNAL FAIRNESS, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.33369/fairness.v7i2.15154

References

  1. Agustine,Ira.2014. PengaruhCorporate Social ResponsibilityTerhadap NilaiPerusahaan.Jurnal Finesta,2 (1),2014, h:42-47.
  2. Anggraini, , R R. 2007. Pengungkapan Informasi sosial dan faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi sosialdalam laporan Keuangan Tahunan. Simposim Nsiaonal Akuntansi IX. Padang. 23-29 agustus.
  3. Ayu, Dea Putri dan A. A. Gede Suarjaya.2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol 6, No 2. ISSN: 2302-8912.
  4. Dian, Fachrur dan Rika Lidyah. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility,Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusi terhadap Nilai PerusahaanTambang Batu Bara yang Terdaftar Di BEI.Jurnal Akuntansi STIE MDP.
  5. Fryza, Aprilia Prasetyowati. 2013. Peran Corporate Social Responsibility sebagai Mediasi Variabel Dari Pengaruh Karakteristik Perusahaann Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro, 5(2), h:1-15.
  6. Handriyani, Arik Novia dan Andayani,2013. Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Riset dan AkuntansiVol 2 : 5. STIESIA Surabaya.
  7. Haruman, Tendi. 2008. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.
  8. Hendrik, Budi Untung. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: SinarGrafika.
  9. Jensen, M. and W. H. Meckeling, 1976, Managerial Behaviour, Agency Cost, Journal of Financial Economic, 3 :305-360.
  10. Kusumadilaga, Rimba.2010.Pengaruh PengungkapanCorporate SocialResponsibilityTerhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitassebagai Variabel Moderating.Skripsi.2010.
  11. Masdupi,Erni.2005.Analisis Dampak Struktur Kepemilikan pada Kebijakan Hutang dalam Mengontrol Konflik Keagenan.Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia, Vol.20, No.1, Hal 57-69.
  12. Muyassaroh, Siti. 2008. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Sukarela Laporan Keuangan pada Perusahaan yang Go Public di BEI”. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.
  13. Nurlela, Rika dan Islahuddin.2008. Pengaruh Corporate Social Responsibilityterhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase kepemilikan Menejerial sebagai Variabel Moderating.Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
  14. Permanasari, Wien Ika. 2010. ”Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan”.Skripsi S-1 : Universitas Diponegoro Semarang. http://www.enprints.undip.ac.i.
  15. Pradipta dan Supriyadi. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Jurnal. Universitas Gadjah Mada.
  16. Rachman, Achmad Arif. 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2008-2010. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya.
  17. Rizqia, D. A., dkk, (2013), “Effect of Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity on Dividend Policyand Firm Value”, Research Journal of Finance and Accounting, Vol.4(11), hal120-130.
  18. Silfyanie, Vina. 2016. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Sosial Perusahaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang.
  19. Tyler, Tom R. 2005. Managing conflicts of interest within organizations:Does activating social values change the impact of self-interest on behavior? Ohio State Journal Of Criminal Law Conflicts of interest: Challenges and solutions in business, law, medicine, andpublic policy.
  20. Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.
  21. Winanda, 2009 Analisis Pengaruh Independensi, Kualitas Audit, serta MekanismeCorporate Governance Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Simposium NasionalAkuntansi VI, pp 1255-1267