Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh implementasi pengelolaan keuangan dan pengalaman kerja terhadap kualitas laporan keuangan. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang terlibat dalam pengelolaan keuangan dengan masa kerja minimal 2 tahun, yang terdiri dari KPA,PPK dan Staf Pengelolaan Keuangan berjumlah 52 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pengelolaan keuangan berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan KPU se-provinsi Bengkulu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan KPU se-provinsi Bengkulu. Implikasi dalam penelitian ini diarahkan agar menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik diantaranya melaksanakan proses administrasi, menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara (LPJ Bhd) dan Laporan Posisi Anggaran Kas (LPAK) serta Laporan Realisasi Anggaran (LRA) tepat waktu, memuat rincian penggunaan anggaran, dan muatan rencana kerja dan anggaran (RKA) sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 94/Kpts/KPU/2011 dan PP Nomor 71 Tahun 2010, serta dalam pemberian Informasi laporan keuangan semua transaksi dan peristiwa lainnya yang harus disajikan harus digambarkan secara jujur.

Keywords

Implementasi Pengelolaan Keuangan Pengalaman Kerja Kualitas Laporan Keuangan

Article Details

How to Cite
Charolina, O., Husaini, H., & Abdullah, A. (2021). PENGARUH IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN KOMISI PEMILIHAN UMUM. JURNAL FAIRNESS, 3(3), 313–326. https://doi.org/10.33369/fairness.v3i3.15292

References

  1. Azlim, Darwanis, Usman Abu Bakar, 2012. Pengaruh Penerapan Good Governance dan Standar
  2. Akuntansi Pemerintahan Terhadap Kualitas Informasi Keuangan SKPD di Kota Bada Aceh.
  3. Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 1. Nomor 1. Pp.1-14
  4. Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. BP Undip.
  5. Semarang.
  6. Harlina, Puji R, 2011. Pengaruh Diklat dan Pengalaman Terhadap Kinerja Penyusun Laporan
  7. Keuangan Pada Organisasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Tk 1 Provinsi Bengkulu. Skripsi.
  8. FE Unib.
  9. Herliansyah Yudhi dan Meifida Ilyas, 2006. Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Penggunaan
  10. Bukti Tidak Relevan Dalam Auditor Judgement. Makalah Simposium Nasional Akuntansi IX.
  11. Harun, 2009. Reformasi Akuntansi dan Manajemen Sektor Publik di Indonesia. Salemba Empat.
  12. Hermana, Dody, 2009. Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja
  13. Pegawai Dalam Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Kabupaten Garut.
  14. Jurnal Ilmu Hukum Litigitasi, Volume 10. Nomor 01. Pp.23-32
  15. Hasanah, Dedeh S, 2010. Pengaruh Pendidikan-latihan (diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja
  16. Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta.
  17. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 11. Nomor 2. Pp.85-96
  18. Kusumah, Arif A, 2012. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Terhadap Kaulitas
  19. Laporan Keuangan (Studi pada SKPD/OPD Pemerintah Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian
  20. Akuntansi. Volume IX. Nomor 2. Pp.1-10
  21. Kunartinah, Fajar S, 2010. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pembelajaran Organisasi Terhadap
  22. Kinerja Dengan Kompetensi Sebagai Mediasi. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Volume 17
  23. Nomor 1. Pp. 74-84
  24. Latifah, L; Arifin S, 2007. Faktor Keperilakuan Organisasi Dalam Implementasi Sistem Akuntansi
  25. Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dan
  26. Daerah Istimewa Yogyakarta). Simposium Nasional Akuntansi X. Unhas-Makasar.
  27. Meuthia, Reno F, 2008. Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan, Pengalaman Kerja dan Penguasaan
  28. Komputer Staf Bagian Akuntansi Terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi (Studi Pada
  29. Kantor Cabang Bank Nagari). Jurnal Akuntansi & Manajemen. Volume 3 Nomor 1. Pp. 1-15
  30. Nassarudin, Fadilah, 2008. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Kerja terhadap kualitas
  31. Penyajian Informasi Akuntansi pada PT Bank Negara Indonesia,Tbk (Studi pada kantor cabang
  32. BNI di Provinsi Sulawesi Selatan): Jurnal Icksan Gorontalo volume 3 Nomor 1. Pp. 1411-1419
  33. Rohman, Abdul, 2009. Pengaruh Implementasi Sistem Akuntansi, Pengelolaan Keuangan Daerah
  34. Terhadap Fungsi Pengawasan dan Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemda di Jawa
  35. Tengah). Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 9, Nomor 1, Pp. 24-32
  36. Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
  37. …………….., 2004, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
  38. …………….., 2007. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2007 Tentang Sistem
  39. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah.
  40. …………….., 2010. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi
  41. Pemerintah.
  42. …………….., 2008. Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 73/PKM.05/2008
  43. tentang Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara
  44. Kementerian Negara/Lembaga/Kantor/ Satuan Kerja.
  45. …………….., 2012. Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 94/Kpts/KPU.Tahun 2011 tentang
  46. Pedoman Pengelolaan Keuangan Komisi Pemilihan Umum Bagian Anggaran 076.
  47. ……………..., 2008. Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 22 Tahun 2008 tentang Perbaikan
  48. Peraturan KPU Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan
  49. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/ Kota.
  50. ………………, 2009. Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-47/PB/ 2009
  51. tentang Petunjuk Pelaksanaan Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban
  52. Bendahara Kementerian/Lembaga/Kantor/ Satuan Kerja.
  53. Santosa, Purbayu Budi dan Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS.
  54. Semarang: Andi
  55. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan ke Tiga. Alfabeta.
  56. Bandung.
  57. Sunarto, 2012. Pengaruh Pendidikan Pelatihan dan Kesesuaian Penempatan Terhadap Kinerja
  58. Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kota Kediri (Studi Pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota
  59. Kediri). Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, Volume 1 Nomor 2. Pp. 157-168
  60. Subhan, 2011. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Kompetensi, Pendidikan dan Pelatihan
  61. Berkelanjutan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan (Studi Pada
  62. Inspektorat Kabupaten Pemekasan). Makala. Universitas Madura. Pp. 1-25
  63. Supratmi (2013) Pengaruh Tingkat Kompetensi dan Pengalaman Kerja Terhadap Etos Kerja (Studi
  64. Kasus Guru Bersertifikasi di SMA Negeri 14 Semarang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Unpand.
  65. Volume VI. Nomor .1. Pp. 1-11
  66. Supranto J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Erlangga
  67. Tanjung, A Hafiz, 2008. Akuntansi Pemerintahan Daerah. Konsep dan Aplikasi (Sesuai Standar
  68. Akuntansi Pemerintahan). Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung.
  69. Sukmaningrum, Tantriani dan Harto, Puji (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi
  70. Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintahan
  71. Kabupaten dan Kota Semarang). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. Volume 9. Nomor 1 . Pp.1-26
  72. Wahab,Abdul. (2006). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara.
  73. Jakarta: Bumi Aksara.
  74. Widiyanto, AKD; Indrawati Y, 2004. Pengaruh Pendidikan, Pengalaman dan Pelatihan Terhadap
  75. Profesionalisme Auditor Pemerintah yang Bekerja Pada Badan Pengawas Kota Surabaya. Jurnal
  76. Bisnis dan Ekonomi, Volume 4. Nomor 1. Pp. 1-19
  77. Wijaya, Tony. 2009. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Universitas Atma
  78. Jaya Yogyakarta
  79. Yudianti, FR. Ninik. 2000. “Pengungkapan Modal Intelektual untuk Meningkatkan Kualitas
  80. Keterbukaan Laporan Keuangan”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.Vol. 2. No. 3. pp 271-283.