Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gerak dasar fundamental manipulatif siswa berkebutuhan khusus autis di SLB Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa berkebutuhan khusus autis di SLB Negeri 2 Kota Bengkulu. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling dengan sampel berjumlah 25 siswa autis di SLB Negeri 2 Kota Bengkulu. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lempar tangkap bola kasti, tes menggiring bola dan tes menendang bola. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan tes lempar tangkap bola kasti sebesar 36%, tes kemampuan menggiring bola sebesar 44% dan tes kemampuan menendang bola sebesar 36%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan gerak dasar fundamental manipulatif siswa berkebutuhan khusus autis di SLB Negeri 2 Kota Bengkulu berada pada kategori kurang sebesar 39%.

Keywords

Gerak. Fundamental. Manipulatif & Autis

Article Details

How to Cite
Octaviyani, P., Sutisiyana, A., & arwin, A. (2022). Analisis kemampuan gerak dasar fundamental manipulatif siswa berkebutuhan khusus autis di slb negeri 2 kota bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.12950

References

  1. Atmaja, R.J. (2019). Pendidikan Bimbingan Anak Berkebutuhn Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58
  3. Nopiyanto, dkk. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
  4. Nopiyanto, E.Y. (2019). Hubungan Panjang Tungkai Dan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Lari Sprint 100 Meter. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 256-261.
  5. Pujianto, D. & Insanistyo. (2013). Bahan Ajar Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  6. Pujianto, D., Sutisyana, A., Arwin, A., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 1-12.
  7. Rahayu, S. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.
  8. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2020). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
  9. Santoso, Hargio. (2012). Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publising.
  10. Sugiyono. (2008). Metode penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.