Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program latihan mental atlet taekwondo pada Dojang Jaguar Squad Bengkulu. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP. Teknik dan Instrumen pengumpulan data adalah observasi, kuesioner,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kategori tingkatan presentase. Subjek pada penelitian ini berjumlah 30 atlet dan 2 pelatih. Hasil penelitian persentase evaluasi terhadap Context 90% dengan kategori baik sekali, persentase evaluasi terhadap Input 82% dengan kategori baik sekali, persentase evaluasi terhadap Process 85%, dengan kategori baik sekali, persentase evaluasi terhadap Product 79% dengan kategori baik sekali. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan program latihan mental atlet taekwondo pada Dojang Jaguar Squad Bengkulu tergolong baik sekali.

Keywords

Atlet CIPP Evaluasi Latihan Mental Taekwondo

Article Details

How to Cite
Putri, E. O. N., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Evaluasi Program Latihan Mental Atlet Taekwondo pada Dojang Jaguar Squad Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 219–227. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.15973

References

  1. Andrian, D. (2019). Developing an Instrument to Evaluate The Influential Factors of The Success of Local Curriculum. Research and Evaluation in Education, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.21831/reid.v5i1.23980
  2. Arifianto, I., & Raibowo, S. (2020). Model Latihan Koordinasi dalam Bentuk Video Menggunakan Variasi Tekanan Bola Untuk Atlet Tenis Lapangan Tingkat Yunior. STAND: Journal Sport Teaching and Development, 1, 49–55. https://doi.org//10.36456/j-stand.v1i2.2671
  3. Ho, W. W., Chen, W. J., Ho, C. K., Lee, M. B., Chen, C. C., & Chou, F. H. C. (2011). Evaluation of the suicide prevention program in Kaohsiung City, Taiwan, using the CIPP evaluation model. Community Mental Health Journal, 47(5), 542–550. https://doi.org/10.1007/s10597-010-9364-7
  4. Ilahi, B. R., Hadiwinarto, & Oktaria, S. D. (2020). Evaluation of The Physical Training Program of The Badminton Achievement Club in Bengkulu City. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(37), 150–157. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12550
  5. Masruri Razikin. (2017). Evaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada smp negeri kecamatan aikmel dengan pendekatan model CIPP. Universitas Negeri Malang.
  6. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Alimuddin, A. (2020). Are There Difference the Psychological Characteristics of Indonesian Sea Games Athletes in Terms of Team Sports Based on Sex? Sporta Saintika, 5(1), 72. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i1.126
  7. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, G. U. (2021). Psychological Characteristics of Athletes at Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar ( PPLP ) in Bengkulu. Journal Sport Area, 6(1), 37–43. https://doi.org/doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5572
  8. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891
  9. Retnoningsasy, E. & M. J. (2020). Hubungan Antara Mental Toughness Dengan Kecemasan Olahraga Pada Atlet Badminton. Jurnal Penelitian Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNESA, 7(3), 8–15.
  10. Triananda, A., Syafrial, & Nopiyanto, Y. E. (2021). Karakteristik Psikologis Atlet PON Bengkulu Ditinjau dari Cabang Olahraga Individu. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 126–137. https://doi.org/10.33369/gymnastics
  11. Warju. (2016). Educational Program Evaluation using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education, 12(1), 36–42. https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502
  12. Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Pronunciation Assessment. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84. https://doi.org/10.1002/9781405198431.wbeal0966