Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pelatih renang tentang psikologi olahraga dengan prestasi atlet renang di Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet yang memiliki kriteria yaitu kelompok KU1, KU2, KU3, dan seluruh pelatih renang di Rejang Lebong. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik dengan pertimbangan tertentu, dalam penelitian ini atlet yang memiliki kelompok umur 11 tahun hingga 17 tahun dengan jumlah sampel atlet 20 orang, dan pelatih yang terdaftar menjadi anggota PRSI Rejang Lebong dengan jumlah sampel 20 orang maka total sampel berjumlah 40 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Berdasarkan analisis data korelasi menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan pelatih renang tentang psikologi olahraga dengan prestasi atlet sebesar 89% hubungannya sangat kuat. Dari data tersebut di dapat bahwa adanya hubungan yang positif antara pengetahuan pelatih renang tentang psikologi olahraga dengan prestasi atlet renang di Rejang Lebong.

Keywords

Atlet Psikologi Olahraga Prestasi Renang

Article Details

How to Cite
Negara, F. B., Yarmani, Y., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Pengetahuan Psikologi Olahraga Pada Pelatih Renang dengan Prestasi Atlet Renang Di Rejang Lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 228–239. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.16196

References

  1. Budiwanto, S. (2012). Metodologi Latihan Olahraga.
  2. Davis, L., Appleby, R., Davis, P., Wetherell, M., & Henrik, G. (2018). The role of coach-athlete relationship quality in team sport athletes ’ psychophysiological exhaustion : implications for physical and cognitive performance. Journal of Sports Sciences, 36(17), 1985–1992. https://doi.org/10.1080/02640414.2018.1429176
  3. Djumidar, M., Apriyanto, T., & L.Issom, F. (2012). Psikologi Olahraga. CV. Gramada Offset.
  4. Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 23–30.
  5. Handayani, S. G. (2019). Peranan Psikologi Olahraga dalam Pencapaian Prestasi Atlet Senam Artistik Kabupaten Sijunjung. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 2(2), 1–12. https://doi.org/10.31539/jpjo.v2i2.714
  6. Irwanto, & Romas, M. Z. (2019). Profil Peran Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1–14.
  7. Jatra, R., & Raibowo, S. (2021). Anxiety and Concentration of Tennis Athlete. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(3), 580–589. https://doi.org/10.33369/jk.v5i3.17500
  8. Juriana, Tahki, K., & Zulfitranto, G. (2018). Pengetahuan Psikologi Olahraga pada Pelatih Renang Indonesia. Fakultas Ilmu Keolahraga Univrsitas Jakarta, Vol. 2(Januari), 31–35.
  9. Mylsidayu, A. (2015). Psikologi Olahraga (Rofiah (ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.
  10. Nopiyanto, Y. E., & Dimyati, D. (2018). Karakteristik psikologis atlet Sea Games Indonesia ditinjau dari jenis cabang olahraga dan jenis kelamin. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 69–76.
  11. Quinaud, R. T., Backes, A. F., Nascimento Junior, J. R. A. do, Carvalho, H. M., & Milistetd, M. (2020). Development and validation of the coach knowledge questionnaire: measuring coaches’ professional, interpersonal and intrapersonal knowledge. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 0(0), 1–17.
  12. Raibowo, S., Jatra, R., Prabowo, A., Nopiyanto, Y. E., & Ilahi, B. R. (2021). Anxiety and Concentration of Tennis Chair Umpire. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(Ii), 271–281. https://doi.org/10.31851/hon.v4i25640
  13. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
  14. Roberts, A. A. H., Greenwood, D. A., Humberstone, C., Iredale, F., & Raynor, A. (2019). PT SC. Journal of Science and Medicine in Sport. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2019.05.008
  15. Sarwono. (2010). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan.
  16. Stambulova, N. B., Ryba, T. V, & Henriksen, K. (2020). Career development and transitions of athletes : the International Society of Sport Psychology Position Stand Revisited. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 0(0), 1–27. https://doi.org/10.1080/1612197X.2020.1737836
  17. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  18. Vella, S. A., Oades, L. G., & Crowe, T. P. (2013). The relationship between coach leadership , the coach-athlete relationship , team success , and the positive developmental experiences of adolescent soccer players. Physical Education and Sport Pedagogy, 18, 549–561.