Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah menggunakan permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan hasil belajar offense dan defense atlet dalam ekstrakulikuler bolabasket karena belum adanya variasi latihan offense dan defense bolabasket dalam meningkatkan hasil belajar offense dan defense siswa dalam pembelajaran bola basket. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengarah pada pengembangan produk. Data yang diperoleh hasil penelitian dan pengembangan memperoleh validasi ahli materi sebesar 86.1 % (sangat valid), dan ahli permainan tradisional sebesar 82.42% dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model ofense dan defense training bolabasket putra berbasis modifikasi permainan tradisional gobak sodor di SMP Negeri 5 kota bengkulu dinyatakan dalam kategori layak dilanjutkan. Setelah melakukan uji efektifitas model latihan yang dikembangkan hanya memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing dengan hasil 12to"> = 11.683 > 12tt"> = 2.093,namun belum optimal untuk meningkatkan kemampuan shooting dengan hasil 12to"> = 1.672 < 12tt"> = 2.093 dan dribble dengan hasil 12to"> = 1.244 < 12tt"> = 2.093. Karena keterbatasan waktu dan biaya, penelitian ini tidak sampai pada uji efektifitas defense

Keywords

Bola Basket Deffense Gobak Sodor Model Offense

Article Details

How to Cite
Silaen, M. A. S., Pujianto, D., & Raibowo, S. (2022). Pengembangan model offense dan defense training bolabasket putra berbasis modifikasi permainan tradisional gobak sodor di smp negeri 5 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.16917

References

  1. Akbar, S. & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum danPembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta.
  2. Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Bina Aksara.
  3. Ariyanti. (2014). Meningkatkan Kegiatan Sosial Emosional Melalui Permainan Gobag Sodor Pada Anak. Jurnal Ilmiah PG PAUD IKIP Veteran Semarang, 2.
  4. Nasta, T., Nurkholis, M., & Allsabah, M. A. H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35.
  5. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Pelatihan Olahraga Futsal sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online pada Anak-Anak di Kelurahan Mangunharjo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 114–124. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.264
  6. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61-69.
  7. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, N., & Ibrahim, I. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 8-18.
  8. Pujianto, D., Sutisyana, A., Arwin, A., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 1-12.
  9. Puriana, R. H. (2017). Pengaruh Latihan Multiple Hop Dan Wide Push-Up Terhadap Hasil Shooting Bola Basket Siswa Putra Di Smpn 1 Gedangan Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Jurnal Ilmiah Adiraga. 3(2), 1–7.
  10. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
  11. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
  12. Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembagan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.15294/miki.v4i1.4395
  13. Sugihartono, T., Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Ilahi, B. R. (2021). The relationship between athletes' perceptions of Covid-19 and communication with the psychological skills. Journal Sport Area, 6(2), 182-191. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(2).6337
  14. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  15. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  16. Yarmani, Y. (2017). Pengaruh Latihan Shooting Drills Terhadap Hasil Three Point Shooting Atlet Putra Klub Bola Basket King Spark Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 75-79.