Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru penjas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran distance learning di SMPN se-Kecamatan Argamakmur. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan metode survey. Subjek dalam penelitian ini adalah 102 responden yang terdiri dari 12 guru dan 90 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru penjas kategori baik dengan persentase 70%. Perolehan hasil belajar siswa dalam kategori baik dengan rata-rata 79.08. Sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis kompetensi guru penjas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran distance learning di SMPN se-Kecamatan Argamakmur baik.

Keywords

Distance Learning Kompetensi Pendidikan Jasmani

Article Details

How to Cite
Salam, S., yarmani, Y., & Sutisyana, A. (2021). Analisis Kompetensi Guru Penjas dan Hasil Belajar Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Distance Learning di SMPN Se-Kecamatan Argamakmur. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 240–248. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.17030

References

  1. Arikunto. (2012). Norma Pengkategorian. Bumi Aksara.
  2. Azzahra, A. F. (2015). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  3. Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309–324.
  4. Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63.
  5. Kusmawati, R. (2013). Analisis Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sman 2 Ujungbatu Rokan Hulu. Universitar Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  6. Lubis, R. R. (2016). Kompetensi kepribadian guru dalam persfektif islam. Tazkiya, 5(2).
  7. Muhiddin, P. (2012). Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Bionature, 13(1).
  8. Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., Raibowo, S., & Yarmani, Y. (2021). Blended Learning with Jigsaw in Increasing Interest, Motivation, and Learning Outcomes in Sports Sociology Learning. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 26-34.
  9. Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148.
  10. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61–69.
  11. Nopiyanto, Y. E. (2021). Project-Based Blended Learning To Improve Students Creativity In Sepak Takraw. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2).
  12. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, N., & Ibrahim, I. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 8-18.
  13. Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
  14. Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
  15. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
  16. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2020). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10–15.
  17. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
  18. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). WORKSHOP PEMBUATAN BAHAN AJAR KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 218-230.
  19. Rezky, M. N. (2015). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penilaian Sikap pada Kurikulum 2013 di SMPN 3 Tangerang Selatan.
  20. Ri, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19.
  21. Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).
  22. Sudjana. (2011). Metode Statistik. Rineka Cipta.
  23. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Alfabeta.
  24. Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58.