Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan media pembelajaran dan pelaksanakan pembelajaran PJOK selama masa covid – 19 di SMP Negeri Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini melibatkan guru PJOK, dan siswa, yang berada di SMP Negeri Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskritif kualitatif. Instrumen dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri Kota Bengkulu yang menggunakan media pembelajaran dengan media WhatsApp ( 95,15%) Google Classroom (86,40%) Zoom ( 85,80%) Telegram (79,20%) Rumah Belajar (78,60%) Meja Kita (78,60%) Youtube (79,20%) Ruang Guru (76,20%) dari beberapa hasil media pembelajaran Pendidikan Jasmani pihak sekolah banyak yang menggunakan media WhatsApp (95,15%) dan Media Ruang Guru (76,20%). Berdasarkan hasil penelitian analisis dan data penelitian yang didapat dari hasil Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri Kota Bengkulu mempunyai presentase sebesar (78,90%) untuk guru PJOK dengan kriteria baik dan untuk siswa sebesar (76,86%) dengan kriteria baik. Dari hasil yang diperoleh di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemebelajaran selama covid – 19 dengan cara daring menurut guru PJOK dan siswa sudah berjalan dengan baik.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
- Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Arwin. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahrga. Zara Abadi.
- Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Pendidikan Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sport Saintika, 5(2), 5–24. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140
- Pujianto, D., & Insantio, B. (2013). Dasar - Dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. FKIP Universitas Bengkulu.
- Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(7), 944–952. https://doi.org//10.17977/jptpp.v5i7.13726
- Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
- Sudjana. (2011). Metode Statistik. Rineka Cipta.
- Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN. Alfabeta
References
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Arwin. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahrga. Zara Abadi.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Pendidikan Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sport Saintika, 5(2), 5–24. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140
Pujianto, D., & Insantio, B. (2013). Dasar - Dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. FKIP Universitas Bengkulu.
Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(7), 944–952. https://doi.org//10.17977/jptpp.v5i7.13726
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Sudjana. (2011). Metode Statistik. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN. Alfabeta