Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan media pembelajaran  dan pelaksanakan pembelajaran PJOK selama masa covid – 19 di SMP Negeri Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini melibatkan guru PJOK, dan siswa, yang berada di SMP Negeri Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskritif kualitatif. Instrumen dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri Kota Bengkulu yang menggunakan media pembelajaran dengan media WhatsApp ( 95,15%) Google Classroom (86,40%) Zoom ( 85,80%) Telegram (79,20%) Rumah Belajar (78,60%) Meja Kita (78,60%) Youtube (79,20%) Ruang Guru (76,20%) dari beberapa hasil media pembelajaran Pendidikan Jasmani pihak sekolah banyak yang menggunakan media WhatsApp (95,15%) dan Media Ruang Guru (76,20%). Berdasarkan hasil penelitian analisis dan data penelitian yang didapat dari hasil Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri Kota Bengkulu mempunyai presentase sebesar (78,90%) untuk guru PJOK dengan kriteria baik dan untuk siswa sebesar (76,86%) dengan kriteria baik. Dari hasil yang diperoleh di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemebelajaran selama covid – 19 dengan cara daring menurut guru PJOK dan siswa sudah berjalan dengan baik.

Keywords

Covid-19 Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Article Details

How to Cite
Suryaningsih, S., Pujianto, D., Sutisyana, A., & Raibowo, S. (2021). Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.17044

References

  1. Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
  2. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Arwin. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahrga. Zara Abadi.
  3. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Pendidikan Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sport Saintika, 5(2), 5–24. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140
  4. Pujianto, D., & Insantio, B. (2013). Dasar - Dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. FKIP Universitas Bengkulu.
  5. Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(7), 944–952. https://doi.org//10.17977/jptpp.v5i7.13726
  6. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
  7. Sudjana. (2011). Metode Statistik. Rineka Cipta.
  8. Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN. Alfabeta