Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam Kegiatan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Desain yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Bengkulu Utara yang berjumlah 5 orang guru, siswa kelas I 57 orang dan penjaga UKS 3 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PJOK dalam Kegiatan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Bengkulu Utara yaitu hasil dari angket untuk guru PJOK (75,38%) kategori tinggi, hasil angket untuk siswa (83,18%) kategori sangat tinggi, dan angket untuk penjaga UKS (93,33%) kategori sangat tinggi.

Keywords

Guru PJOK Usaha Kesehatan Sekolah

Article Details

How to Cite
Suganda, O., Syafrial, S., Sutisyana, A., Arwin, A., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Dalam Kegiatan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Smk Negeri Se-Kabupaten Bengkulu Utara. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 319–327. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.17102

References

  1. Akbar, S. & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Danpembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Yogyakarta.
  2. Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Syamsul Arifin. Jurnal Multilateral, 16(1), 78–92.
  3. Mari, A. Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana, 6(1), 338. Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V6i1.14456
  4. Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen ( Kajian Ilmu Pendidikan Islam ). Jurna Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.
  5. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas Dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi Di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4896277
  6. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (Jope), 2(1), 11. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.2.1.10-15
  7. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 218–230. Https://Doi.Org/10.31571/Gervasi.V5i2.2180
  8. Saputra, B. S., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Persepsi Kepala Sekolah Dan Guru Terhadap Kompetensi Guru Pjok Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Arga Makmur. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.33369/Gymnastics.V2i1.14774
  9. Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 9(November), 141–147.
  10. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
  11. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
  12. Trishandra, J. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah Di Sd Negeri 159/Iii Semumu Kecamatan Depati Vii Kabupaten Kerinci Jonika. Ensiklopedia Of Jurnal, 8(5), 55.