Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam Kegiatan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Desain yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Bengkulu Utara yang berjumlah 5 orang guru, siswa kelas I 57 orang dan penjaga UKS 3 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PJOK dalam Kegiatan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Bengkulu Utara yaitu hasil dari angket untuk guru PJOK (75,38%) kategori tinggi, hasil angket untuk siswa (83,18%) kategori sangat tinggi, dan angket untuk penjaga UKS (93,33%) kategori sangat tinggi.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Referensi
- Akbar, S. & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Danpembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Yogyakarta.
- Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Syamsul Arifin. Jurnal Multilateral, 16(1), 78–92.
- Mari, A. Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana, 6(1), 338. Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V6i1.14456
- Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen ( Kajian Ilmu Pendidikan Islam ). Jurna Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.
- Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas Dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi Di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4896277
- Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (Jope), 2(1), 11. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.2.1.10-15
- Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 218–230. Https://Doi.Org/10.31571/Gervasi.V5i2.2180
- Saputra, B. S., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Persepsi Kepala Sekolah Dan Guru Terhadap Kompetensi Guru Pjok Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Arga Makmur. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.33369/Gymnastics.V2i1.14774
- Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 9(November), 141–147.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
- Trishandra, J. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah Di Sd Negeri 159/Iii Semumu Kecamatan Depati Vii Kabupaten Kerinci Jonika. Ensiklopedia Of Jurnal, 8(5), 55.
Referensi
Akbar, S. & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Danpembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Yogyakarta.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Syamsul Arifin. Jurnal Multilateral, 16(1), 78–92.
Mari, A. Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana, 6(1), 338. Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V6i1.14456
Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen ( Kajian Ilmu Pendidikan Islam ). Jurna Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas Dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi Di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4896277
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (Jope), 2(1), 11. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.2.1.10-15
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 218–230. Https://Doi.Org/10.31571/Gervasi.V5i2.2180
Saputra, B. S., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Persepsi Kepala Sekolah Dan Guru Terhadap Kompetensi Guru Pjok Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Arga Makmur. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 70–78. Https://Doi.Org/10.33369/Gymnastics.V2i1.14774
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 9(November), 141–147.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Trishandra, J. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah Di Sd Negeri 159/Iii Semumu Kecamatan Depati Vii Kabupaten Kerinci Jonika. Ensiklopedia Of Jurnal, 8(5), 55.