Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kecamatan Argamakmur. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian survei sarana dan prasarana yang ada disekolah. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru olahraga. Instrument dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil penelitian survei menyatakan bahwa presentase pada SMKN 1 dan SMKN 2 rata-rata penilaian menunjukan komponen cabang olahraga atletik dengan presentase (52,78%), cabang olahraga permainan dengan presentase (90,78%), cabang olahraga ritmik dengan presentase (12,50%) dan hasil jumlah data keseluruan (52,02%) hasil ini didukung oleh data dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kecamatan Argamakmur cukup ideal.

Keywords

Survei Sarana dan prasarana olahraga.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, A., Pujianto, D., & Yarmani, Y. (2022). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah kejuruan negeri se-kecamatan Argamakmur. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 86–97. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.18617

References

  1. REFERENSI
  2. Anandita, A. dkk. (2013). Pelaksanaan Pembangunan Sarana Prasarana Lingkungan Sebagai Wujud Program Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 853–861.
  3. Costaner, L. (2020). Prasarana Desa Dengan Metode Analytical Hierarchy. Semaster, 1(1), 112–120.
  4. Dermawan Anugrah, & Saifuddin, N. A. (2013). Pendataan Standarisasi Sarana Dan Prasarana Olahraga Futsal Kota Banda Aceh Tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  5. H, H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27. https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624
  6. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
  7. Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., Raibowo, S., & Yarmani, Y. (2021). Blended Learning with Jigsaw in Increasing Interest, Motivation, and Learning Outcomes in Sports Sociology Learning. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 26-34.
  8. Pratama, A. C., & Kuntjoro, B. T. F. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.
  9. Sabar, M. S., Rizal, A., & Juhanis. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Olahraga Terhadap Efektifitas Pembelajaran Penjas Di SMA Negeri 1 Pangkep. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makasar, 4(1), 3–4.
  10. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Bab VI Pasal 17
  11. Wijaya, F. (2017). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 232–235.
  12. WIJAYA, F. (2017). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 232–235.