Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong ditinjau dari kebiasaan berolahraga dimasa pandemi covid-19. Masalah yang terjadi pada siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong adalah pada masa pandemi covid-19 siswa tidak masuk sekolah dan tidak belajar pendidikan jasmani maka dari itu perlu diteliti kebugaran jasmani yang dimiliki siswa dimasa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan survei dan tes dengan sampel penelitian yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian survei tingkat kebugaran jasmani menggunakan istrumen angket secara keseluruhan berdasarkan 8 faktor hasil tingkat kebugaran jasmani siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong dimasa pandemi covid-19 yang telah dihitung dan memiliki nilai rata-rata keseluruhan 70.84% berada pada kategori “baik”.Hal ini diperkuat oleh hasil tes kesegaran jasmani yang dilakukan dengan 5 item tes sebagian besar siswa berada pada kategori “baik”. berdasarkan hasil keseluruhan tes, tingkat kebugaran jasmani siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong dimasa pandemi covid-19 berada pada kategori “baik”.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Asri, N., & Setiandari, E. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(1), 53–65.
- Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154.
- Dyah Ayu Woro Setyaningrum. (2020). Pentingnya olahraga selama pandemi COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(4), 167–168.
- Irianto, D. P. (2014). Pedoman Praktis Berolahraga untuk kebugaran & Kesehatan. Yogyakarta: Andi.
- Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 1-4).
- Limbong, W. S., Girsang, M. L., & Panggabean, R. D. 2020). Sosialisasi Gaya Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Panti Asuhan Talenta Delpita Di Medan. Jurnal Abdimas Mutiara,1(2), 199-205.
- Mustafa, P. S & Dwiyogo, W. D. (2020) Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2),422-438.
- Mutohir, T.C,. 2011. Berkarakter dengan Berolaharaga Berolaharaga dengan Berkarakter. Jakarta: Sport Media.
- Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
- Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90-100.
- Nopiyanto, Y. E & Raibowo, S. (2020) Hambatan Guru pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2),139-148.
- Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (2nd ed., p. 12). ALFABETA, CV.
- Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 8-17.
- Sukur, A., Amin, B. F., & Arif, M. (2020, December). Edukasi Olahraga Dan Kesehatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020P-134)
References
Asri, N., & Setiandari, E. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(1), 53–65.
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154.
Dyah Ayu Woro Setyaningrum. (2020). Pentingnya olahraga selama pandemi COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(4), 167–168.
Irianto, D. P. (2014). Pedoman Praktis Berolahraga untuk kebugaran & Kesehatan. Yogyakarta: Andi.
Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 1-4).
Limbong, W. S., Girsang, M. L., & Panggabean, R. D. 2020). Sosialisasi Gaya Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Panti Asuhan Talenta Delpita Di Medan. Jurnal Abdimas Mutiara,1(2), 199-205.
Mustafa, P. S & Dwiyogo, W. D. (2020) Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2),422-438.
Mutohir, T.C,. 2011. Berkarakter dengan Berolaharaga Berolaharaga dengan Berkarakter. Jakarta: Sport Media.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90-100.
Nopiyanto, Y. E & Raibowo, S. (2020) Hambatan Guru pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2),139-148.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (2nd ed., p. 12). ALFABETA, CV.
Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 8-17.
Sukur, A., Amin, B. F., & Arif, M. (2020, December). Edukasi Olahraga Dan Kesehatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020P-134)