Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong ditinjau dari kebiasaan berolahraga dimasa pandemi covid-19. Masalah yang terjadi pada siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong adalah pada masa pandemi covid-19 siswa tidak masuk sekolah dan tidak belajar pendidikan jasmani maka dari itu perlu diteliti kebugaran jasmani yang dimiliki siswa dimasa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan survei dan tes dengan sampel penelitian yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian survei tingkat kebugaran jasmani menggunakan istrumen angket secara keseluruhan berdasarkan 8 faktor hasil tingkat kebugaran jasmani siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong dimasa pandemi covid-19 yang telah dihitung dan memiliki nilai rata-rata keseluruhan 70.84%  berada pada kategori “baik”.Hal ini diperkuat oleh hasil tes kesegaran jasmani yang dilakukan dengan 5 item tes sebagian besar siswa berada pada kategori “baik”. berdasarkan  hasil keseluruhan tes, tingkat kebugaran jasmani siswa SMKN 3 Kabupaten Lebong dimasa pandemi covid-19 berada pada kategori “baik”.

Keywords

Covid-19 Olahraga Kebugaran Jasmani Pandemi

Article Details

How to Cite
Novero, F., Prabowo, A., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Tingkat kebugaran jasmani siswa ditinjau dari kebiasaan berolahraga dimasa pandemi covid-19 di SMKN 3 kabupaten lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 107–119. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.18680

References

  1. Asri, N., & Setiandari, E. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(1), 53–65.
  2. Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154.
  3. Dyah Ayu Woro Setyaningrum. (2020). Pentingnya olahraga selama pandemi COVID-19. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(4), 167–168.
  4. Irianto, D. P. (2014). Pedoman Praktis Berolahraga untuk kebugaran & Kesehatan. Yogyakarta: Andi.
  5. Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 1-4).
  6. Limbong, W. S., Girsang, M. L., & Panggabean, R. D. 2020). Sosialisasi Gaya Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Panti Asuhan Talenta Delpita Di Medan. Jurnal Abdimas Mutiara,1(2), 199-205.
  7. Mustafa, P. S & Dwiyogo, W. D. (2020) Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2),422-438.
  8. Mutohir, T.C,. 2011. Berkarakter dengan Berolaharaga Berolaharaga dengan Berkarakter. Jakarta: Sport Media.
  9. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
  10. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90-100.
  11. Nopiyanto, Y. E & Raibowo, S. (2020) Hambatan Guru pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2),139-148.
  12. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
  13. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (2nd ed., p. 12). ALFABETA, CV.
  14. Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 8-17.
  15. Sukur, A., Amin, B. F., & Arif, M. (2020, December). Edukasi Olahraga Dan Kesehatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020P-134)