Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana penerapan model pembelajaran pjok pada masa pandemic covid 19 di smpn 09 kecamatan lebong tengah kabupaten lebong tahun ajaran 2021. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif,yaitu penelitian untuk mendeskrifsikan dan menganalisa fenomena,peristiwa,aktivitas social,sikap kepercayaan persepsi,pemikiran secara individual maupun kelompok.Sujekl penelitian ini adalah 42 orang. Berdasarkan hasil dari penelitian dilapangan dan hasil analisa 73,9 % melakukan penerapan model pembelajaran secara online dengan sistem penerapan model whatshapp group .

Keywords

Penerapan Model Pembelajaran Masa Pandemic Covid19

Article Details

How to Cite
Paloves, A., Yarmani, Y., & Defliyanto, D. (2022). Penerapan model pembelajaran pjok pada masa pandemik covid 19 di smpn 09 kecamatan lebong tengah kabupaten lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 98–106. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.20648

References

  1. Arsad, A.(2013).Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  2. Azwar,S.(2010).Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Brazendale, K., Beets, M. W., Weaver, R. G., Pate, R. R., Turner-McGrievy, G. M., Kaczynski, A. T., ... & von Hippel, P. T. (2017). Understanding differences between summer vs. school obesogenic behaviors of children: the structured days hypothesis. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1), 100.
  4. Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Balitbang Depdiknas
  5. Hargreaves, A., Lieberman, A., Fullan, M., & Hopkins, D. (Eds.). (2010). Second international handbook of educational
  6. Kemendikbud, (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)”
  7. Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: UNESA Press
  8. Mubarak, W. I., Chayatin, N., & Rozikin, S. (2007). Promosi kesehatan sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
  9. Nopiyanto, Y. E & Raibowo, S. (2020) Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139- 148.
  10. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M.K. (2020). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
  11. Afrizal.(2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers Ardianto.
  12. Ali, mohammad dkk (2010), Psikologi Remaja, (Jakarta: PT. Bumi Aksara,),
  13. Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  14. Andi Prastowo (2011: 186), Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Bintoro,Basri, Hasan. 2013 Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  15. Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  16. CNN Indonesia. (2020, Maret 14). Mengenal Social Distancing sebagai Cara Mencegah Corona. CNN Indonesia. Diunduh dari/www.cnnindonesia.com/gaya-
  17. hidup/20200314102823-255-483358/mengenal-social-distancing-sebagai-cara-mencegah-corona
  18. Gunawan, Imam. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Hasanah.
  19. Hariyadi, D. (2020, Maret 18). Pandemi Corona, Ribuan Orang Ikut Tabligh Akbarse-Asia di Gowa. Tempo.co. Diunduh dari asional.tempo.co/read/1321285/pandemi-corona-ribuan-orang-ikut-tabligh-akbar-se-asia-di-gowa
  20. Hamzah.(2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.
  21. Kementerian dalam Negeri (2020).Pedoman umum menghadapi covid 19. Jakarta Kemendagri.
  22. Mulyadi, M. (2011).Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya.Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137.