Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan dasar sepaktakraw pada siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SDN/MIN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw di SDN/MIN Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan dasar sepaktakraw yaitu tes sepak sila, dapat diketahui pada permainan sepaktakraw yang ada di Kota Bengkulu. Dari data yang telah diteliti dijelaskan bahwa siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan jumlah tingkat keseluruhan sebanyak 87% dan sisanya 13% berdasarkan analisis kemampuan teknik dasar sepak sila pada permainan sepaktakraw.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Eka Gustari Purnama Sari, Syafrial Syafrial, Arwin Arwin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Amung Ma’mun dan yudha. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.
- Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Insanistyo. B dkk (2018). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
- Iskandar.. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( kuantitatif dan kualitatif).Jakarta : Gunung Persada Press(pres).
- Iyakrus. (2012). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press.
- Jamalong, Ahmad dan Syam, Arsy. (2014). Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw. Yogyakarta : Ombak.
- Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
- Pardijono, dkk. (2011). Bola Voli Edisi Keempat. Unesa University Press.
- Pratama, Wisnu. (2015). Pengaruh Latihan Bola Gantung Terhadap Hasil Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sekolah.Pemulutan Barat. Artikel Ilmiah, 1-11.
- Sugiyono.(2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
- Suyanta.(2015). Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bagi Peserta Putra Pada Ekstrakurikuler Sepaktakraw Di SD Muhammadiyah Dengan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Penjas Universitas Negeri Yogyakarta.
- Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
- Tangkudung, James.(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia.
- Tirtarahardja Umar.(2013). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yuwono, dkk. (2015). “Latihan Split Jump dan Knee Tuck Jump Untuk Meningkatkan Power Otot Tungkai dan Kemampuan Melakukan Smash Kedeng”. Journal of Sport Sciences and Fitnes, 4 (3)
References
Amung Ma’mun dan yudha. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Insanistyo. B dkk (2018). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Iskandar.. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( kuantitatif dan kualitatif).Jakarta : Gunung Persada Press(pres).
Iyakrus. (2012). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press.
Jamalong, Ahmad dan Syam, Arsy. (2014). Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw. Yogyakarta : Ombak.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
Pardijono, dkk. (2011). Bola Voli Edisi Keempat. Unesa University Press.
Pratama, Wisnu. (2015). Pengaruh Latihan Bola Gantung Terhadap Hasil Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sekolah.Pemulutan Barat. Artikel Ilmiah, 1-11.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Suyanta.(2015). Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bagi Peserta Putra Pada Ekstrakurikuler Sepaktakraw Di SD Muhammadiyah Dengan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Penjas Universitas Negeri Yogyakarta.
Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
Tangkudung, James.(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia.
Tirtarahardja Umar.(2013). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Yuwono, dkk. (2015). “Latihan Split Jump dan Knee Tuck Jump Untuk Meningkatkan Power Otot Tungkai dan Kemampuan Melakukan Smash Kedeng”. Journal of Sport Sciences and Fitnes, 4 (3)