Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan dasar sepaktakraw pada siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SDN/MIN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw di SDN/MIN Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan dasar sepaktakraw yaitu tes sepak sila, dapat diketahui pada permainan sepaktakraw yang ada di Kota Bengkulu. Dari data yang telah diteliti dijelaskan bahwa siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan jumlah tingkat keseluruhan sebanyak 87% dan sisanya 13% berdasarkan analisis kemampuan teknik dasar sepak sila pada permainan sepaktakraw.

Keywords

Kemampuan Dasar Sepaktakraw Ekstrakurikuler Siswa SDN/MIN

Article Details

How to Cite
Sari, E. G. P., yarmani, yarmani, & Ilahi, B. R. (2022). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Sepak Sila Pada Ekstrakurikuler Sepaktakraw Putra Di SDN/MIN Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.21121

References

  1. Amung Ma’mun dan yudha. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.
  2. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Insanistyo. B dkk (2018). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  4. Iskandar.. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial ( kuantitatif dan kualitatif).Jakarta : Gunung Persada Press(pres).
  5. Iyakrus. (2012). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press.
  6. Jamalong, Ahmad dan Syam, Arsy. (2014). Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw. Yogyakarta : Ombak.
  7. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
  8. Pardijono, dkk. (2011). Bola Voli Edisi Keempat. Unesa University Press.
  9. Pratama, Wisnu. (2015). Pengaruh Latihan Bola Gantung Terhadap Hasil Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sekolah.Pemulutan Barat. Artikel Ilmiah, 1-11.
  10. Sugiyono.(2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
  11. Suyanta.(2015). Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bagi Peserta Putra Pada Ekstrakurikuler Sepaktakraw Di SD Muhammadiyah Dengan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Penjas Universitas Negeri Yogyakarta.
  12. Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
  13. Tangkudung, James.(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia.
  14. Tirtarahardja Umar.(2013). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Yuwono, dkk. (2015). “Latihan Split Jump dan Knee Tuck Jump Untuk Meningkatkan Power Otot Tungkai dan Kemampuan Melakukan Smash Kedeng”. Journal of Sport Sciences and Fitnes, 4 (3)