Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam kegiatan di sekolah menengah pertama kawasan pesisir pantai kabupaten seluma. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 guru PJOK SMP Negeri di kawasan pesisir pantai Kabupaten Seluma dengan kriteria yaitu sekolah yang berjarak maksimal 5 km dari pantai. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang sudah dilakukan dilihat dari indikator demonstator diperoleh hasil sebesar (39,75%) dikategorikan rendah, indikator inspirator diperoleh hasil sebesar (36,25%) dikategorikan rendah, indikator fasilitator diperoleh hasil sebesar (40%) dikategorikan rendah, indikator motivator diperoleh hasil sebesar (41,25%) dikategorikan sedang, dan indikator evaluatordiperoleh hasil sebesar (41,75%) dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa besarnya peran guru PJOK dalam kesiapsiagaan bencana gempa bumidi sekolah menengah pertama kawasan pesisir pantai Kabupaten Seluma dikategorikan rendah. Rendahnya peran guru PJOK karena kurangnya pengetahuan dalam mengintegrasikan praktek kebencanaan gempa bumi ke dalam proses pembelajaran PJOK dan fasilitas yang ada disekolah tidak mendukung.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Meniyarti Meni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Clarita, N., Raibowo, S., Prabowo, A., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Peran guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana pada kawasan pesisir pantai. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(2), 143–154.
- Febriawati, H., Angraini, W., Ekowati, S., & Astuti, D. (2017). Analisis Manajemen Bencana Gempa Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(1), 28–33. https://doi.org/10.26553/jikm.
- Lawang, E., Sumatera, P., Sukaraja, K., Seluma, K., Talo, K., & Alas, K. S. (2015). Administrasi Wilayah. Kabupaten Seluma, 1–14.
- Making, Hero Redondo Fernando. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam upaya preventif bencana alam gunung berapi pada siswa jenjang sekolah menengah pertama di daerah sleman. 1–70.
- Nopiyanto, Y.E., & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.
- Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4896277
- Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 217-229.
- Ridwan, L. (2013). Tinjauan Teoritis Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia Regional Development in Coastal and Ocean in Archipelago Perspective of The Republic of Indonesia Jurnal Ilmiah Platax. Jurnal Ilmiah Platax, I, 92–101.
- Setyaningsih, A. (2017). Peran guru penjas dalam pembentukan karakter peserta didik. Occupational Medicine, 53(4), 130.
- Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Y. S. Suryandari (ed.)). Alfabeta, CV Bandung.
- Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
- Wibawa, A. P. (2019). peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama terhadap pelaksanaan sekolah siaga bencana se-kabupaten sleman (Vol. 8, Issue 5) : Universitas Negeri Yogyakarta.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Clarita, N., Raibowo, S., Prabowo, A., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Peran guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana pada kawasan pesisir pantai. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(2), 143–154.
Febriawati, H., Angraini, W., Ekowati, S., & Astuti, D. (2017). Analisis Manajemen Bencana Gempa Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(1), 28–33. https://doi.org/10.26553/jikm.
Lawang, E., Sumatera, P., Sukaraja, K., Seluma, K., Talo, K., & Alas, K. S. (2015). Administrasi Wilayah. Kabupaten Seluma, 1–14.
Making, Hero Redondo Fernando. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam upaya preventif bencana alam gunung berapi pada siswa jenjang sekolah menengah pertama di daerah sleman. 1–70.
Nopiyanto, Y.E., & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4896277
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 217-229.
Ridwan, L. (2013). Tinjauan Teoritis Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia Regional Development in Coastal and Ocean in Archipelago Perspective of The Republic of Indonesia Jurnal Ilmiah Platax. Jurnal Ilmiah Platax, I, 92–101.
Setyaningsih, A. (2017). Peran guru penjas dalam pembentukan karakter peserta didik. Occupational Medicine, 53(4), 130.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Y. S. Suryandari (ed.)). Alfabeta, CV Bandung.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Wibawa, A. P. (2019). peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama terhadap pelaksanaan sekolah siaga bencana se-kabupaten sleman (Vol. 8, Issue 5) : Universitas Negeri Yogyakarta.