Main Article Content

Abstract

Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Latihan 5-post drill terhadap perolehan nilai three point shooting dalam permainan bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan satu kelompok yang mendapat perlakuan (treatment)  yang sama dan bersamaan berupa metode latihan 5-post dril terhadap hasil three point shooting. Metode peneliti dalam penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode yang menggunakan peningkatan dan pembaharuan dalam perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol atau terkendalikan. Metode yang digunakan untuk penelitian eksperimen ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sampel sebanyak 25 orang. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa metode latihan 5-post drill memiliki pengaruh signifikan terhadap perolehan nilai skor three point shooting. Pembuktian ini dapat dilihat dari perbandingan nilai t-hitung sebesar 3,147 > t-tabel 1,645. Hal ini berarti bahwa semakin sering metode 5-post drill dilakukan, maka akan semakin tinggi keberhasilan perolehan nilai three point shooting pada permainan Bola Basket.  Kata kunci: Metode latihan 5 Post Drill, Nilai Three Point Shooting.    

Keywords

Pengaruh Metode Latihan 5-post drill terhadap hasil three point shooting klub basket MBK Kota Bengkulu

Article Details

Author Biography

Dian Pujianto, Universitas bengkulu

 
How to Cite
Rizal, M. S. A., Pujianto, D., & Permadi, A. (2022). Pengaruh Metode Latihan 5-post drill terhadap hasil three point shooting klub basket MBK Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 280–287. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i2.21654

References

  1. Budiwanto, S. (2012). Metodologi Kepelatihan Olahraga. Universitas Negeri Malang.
  2. PERBASI. (2017). Peraturan Permainan Bolabasket. Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia.
  3. Perbasi. (2010). Peraturan Permainan Bola Basket. Jakarta : PB PERBASI.
  4. Rubiana. (2017). Pengaruh Pembelajaran Shooting (Free Throw) Dengan Alat Bantu Rentangan Tali Terhadap Hasil Shooting (Free Throw) Dalam Permainan Bola Basket. Jurnal Siliwangi Vol. 3. No.2, Vlo. 03.
  5. Sitepu. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Prestasi Vol. 2 No. 3, Vol.2.
  6. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  7. Sukadiyanto & Muluk, D. . (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.