Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media audio visual terhadap passing bola voli pada atlet ekstrakurikuler di SMA Negeri 6 Seluma. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. teknik pengumpulan menggunakan data pre-test and post-test one grup design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Maka sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet perempuan berjumlah 25 atlet. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil perhitungan thitung passing bawah sebesar 11.85 dan ttabel 1.711. Ternyata thitung > dari ttabel,dan hasil perhitungan thitung passing atas sebesar 8.764  dan ttabel  1.711. Dengan demikian Ha diterima yaitu terdapat pengaruh media audio visual terhadap passing bola voli pada atlet ekstrakurikuler di SMA Negeri 6 Seluma

Keywords

Bola Voli Ekstrakurikuler Media

Article Details

How to Cite
Junaika, A. R., Syafrial, & Arwin. (2022). Pengaruh Media Audio visual terhadap Passing Bola Voli pada atlet ekstrakurikuler di SMA Negeri 6 Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 267–279. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i2.22593

References

  1. Hasanah, N . I , Sugihartono, T & Raibowo, S. (2021) Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. Bengkulu: UNIB Press.
  2. Kusumawati, Y. R., & Wahyono, Y. (2015). Latihan Core Stability Flexion Dalam Menurunkan Nyeri, Peningkatan Keseimbangan Dan Kemampuan Fungsional. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 4.
  3. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi
  4. Nopiyanto,Y.E & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.
  5. Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Purwono, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pacitan.Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2, No. 2, hlm. 127-144, http://jurnal.fkip.uns.ac.id. Diakses 4 Februari 2017.
  7. Raibowo, S., & Nopiyanto,Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar PJOK Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112-119.
  8. Rosdiana, R. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1, 87–100.
  9. Saputra, H., & Sutisyana, A. (2017). Pengaruh Lari Bolak-Balik Menggunakan Beban Kaki dan Circuit Training Terhadap Kemampuan Dribbling Pada Pemain Futsal Jugador Andalas Fc. KINESTETIK, 1(2), 131. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3476
  10. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung). Alfabeta.
  11. Wiradihardja, S., & Nuraini, S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Air Berbasis Permainan Untuk Siswa Kelas Iv Sdn Cipinang Cimpedak 05 Pagi Jakarta Timur. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 115–120. https://doi.org/10.20527/multilateral.v1 8i2.7622
  12. Yanti, F. J., Sugihartono, T., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Pengaruh Latihan Depth Jump dan Jump to Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Siswa MA Muslim Cendikia Bengkulu tengah. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 24-33.