Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan (audio visual) video terhadap peningkatan teknik dasar passing bawah bola voli pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 atlet . Teknik penggunaan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah tes passing bawah. Teknik Analisis data yang di gunakan adalah uji normalitas menggunakan rumus liliefors, homogenitas menggunakan uji fisher, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan dengan menggunakan media Audio visual terhadap peningkatan passing bawah bola voli di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu, dibuktikan dari thitung 14.633 > ttabel 1.833 pada taraf signifikan ? = 0.05 dengan peningkatan persentase sebesar 13,27% . Berdasarkan kriteria pengujian statistik t ternyata Ha diterima. Yang menyatakan hipotesis berbunyi, “Ada pengaruh bahwa metode latihan menggunakan Audio visual terhadap peningkatan Teknik dasar passing bawah bola voli pada Ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu”
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Andra Audita Nesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Asyhar, & Rayanda. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
- Harimurti, R, & S. (2018). Peningkatan keyakinan diri dan hasil belajar guling depan melalui latihan imagery. Jurnal Keolahragaan, 6(1).
- Heryadi, D., & Hadian, O. (2018). Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer. Jurnal Olahraga, 3(2).
- Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar Offset.
- Maksmum, & Ali. (2012). Metode Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press.
- Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.
- Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar PJOK Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112–119.
- Subagio, M., Pujianto, D., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Pengaruh latihan drill passing melalui circuit training terhadap kemampuan passing bawah siswa ekstrakulikuler bola voli putra SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 74-85.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA.
- Susilana, Rudi, Riyana, & Cepi. (2018). Media Pembelajaran. CV Wacana Prima.
- U, H. (2021). Pengantar Statistika I( Suci Haryanti (Ed.). Cv. Media Sains Indonesia. Www.Penerbit.Medsan.Co.Id.
- Yanti, F. J., Sugihartono, T., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Pengaruh Latihan Depth Jump dan Jump to Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Siswa MA Muslim Cendikia Bengkulu tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 24–33.
References
Asyhar, & Rayanda. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Harimurti, R, & S. (2018). Peningkatan keyakinan diri dan hasil belajar guling depan melalui latihan imagery. Jurnal Keolahragaan, 6(1).
Heryadi, D., & Hadian, O. (2018). Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer. Jurnal Olahraga, 3(2).
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar Offset.
Maksmum, & Ali. (2012). Metode Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press.
Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar PJOK Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112–119.
Subagio, M., Pujianto, D., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Pengaruh latihan drill passing melalui circuit training terhadap kemampuan passing bawah siswa ekstrakulikuler bola voli putra SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 74-85.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA.
Susilana, Rudi, Riyana, & Cepi. (2018). Media Pembelajaran. CV Wacana Prima.
U, H. (2021). Pengantar Statistika I( Suci Haryanti (Ed.). Cv. Media Sains Indonesia. Www.Penerbit.Medsan.Co.Id.
Yanti, F. J., Sugihartono, T., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Pengaruh Latihan Depth Jump dan Jump to Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Siswa MA Muslim Cendikia Bengkulu tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 24–33.