Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan (audio visual) video terhadap peningkatan teknik dasar passing bawah bola voli pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 atlet . Teknik penggunaan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah tes passing bawah. Teknik Analisis data yang di gunakan adalah uji normalitas menggunakan rumus liliefors, homogenitas menggunakan uji fisher, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan dengan menggunakan media Audio visual terhadap peningkatan passing bawah bola voli di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu, dibuktikan dari thitung 14.633 > ttabel 1.833 pada taraf signifikan ? = 0.05 dengan peningkatan persentase sebesar 13,27% . Berdasarkan kriteria pengujian statistik t ternyata Ha diterima. Yang menyatakan hipotesis berbunyi, “Ada pengaruh bahwa metode latihan menggunakan Audio visual terhadap peningkatan Teknik dasar passing bawah bola voli pada Ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu”

Keywords

Audio Visual Bola Voli Ekstrakurikuler Passing bawah

Article Details

How to Cite
Nesia, A. A., Nopiyanto, Y. eko, & raibowo, S. (2022). Pengaruh Latihan Menggunakan Media Audio visual Terhadap Peningkatan Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli Pada Ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 193–203. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i2.22957

References

  1. Asyhar, & Rayanda. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
  2. Harimurti, R, & S. (2018). Peningkatan keyakinan diri dan hasil belajar guling depan melalui latihan imagery. Jurnal Keolahragaan, 6(1).
  3. Heryadi, D., & Hadian, O. (2018). Perbandingan Model Discovery Learning Dengan Model Peer. Jurnal Olahraga, 3(2).
  4. Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar Offset.
  5. Maksmum, & Ali. (2012). Metode Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press.
  6. Nopiyanto, Y. E., & Pujianto, D. (2021). Buku Ajar Penelitian Penjas dan Olahraga. Bengkulu: UNIB Press.
  7. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar PJOK Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112–119.
  8. Subagio, M., Pujianto, D., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Pengaruh latihan drill passing melalui circuit training terhadap kemampuan passing bawah siswa ekstrakulikuler bola voli putra SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 74-85.
  9. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA.
  10. Susilana, Rudi, Riyana, & Cepi. (2018). Media Pembelajaran. CV Wacana Prima.
  11. U, H. (2021). Pengantar Statistika I( Suci Haryanti (Ed.). Cv. Media Sains Indonesia. Www.Penerbit.Medsan.Co.Id.
  12. Yanti, F. J., Sugihartono, T., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Pengaruh Latihan Depth Jump dan Jump to Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Siswa MA Muslim Cendikia Bengkulu tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 24–33.