Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik bermain dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan gerak gerak gerak dasar siswa kelas III. Peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini. 25 anak SDN 38 Kota Bengkulu kelas III A menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap sebagai berikut: (1) perencanaan; (2) implementasi; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Pada kegiatan awal, pengamatan terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik bermain untuk pembelajaran PJOK menghasilkan hasil rata-rata untuk pra siklus sebesar 55.11%, siklus I sebesar 60.77%, dan siklus II sebesar 87.55%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah, menerapkan metode bermain dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor siswa

Article Details

How to Cite
Febriani, H., Arwin, & Prabowo, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Dengan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas III SD Negeri 38 Kota Bengkulu: Implementation Of Learning With The Play Method In Improving The Basic Locomotor Movement Ability Of Grade III students of SD Negeri 38 Bengkulu City. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 201–215. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v4i2.29174