Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan motorik kasar anak-anak SLB Negeri 4 Kota Bengkulu penyandang tunagrahita ringan. Memanfaatkan penelitian deskriptif kuantitatif dalam penyelidikan ini. 31 sampel siswa dari SLB Negeri 4 Kota Bengkulu kelas V dan VI dengan populasi 72 yang digunakan dalam penelitian ini. Tes melibatkan berlari 40 meter, melempar bola sejauh yang Anda bisa, melompat dari balok 15 cm, lompat jauh tanpa awalan, dan berdiri selama 10 detik dengan satu kaki.. Hasil dalam penelitian ini ialah 31 anak tunagrahita ringan kelas V dan VI. menunjukkan bagaimana anak-anak dengan disabilitas intelektual berbeda dari anak-anak yang biasanya berkembang dalam keterampilan motorik kasar mereka sebesar 3% (1 siswa) memiliki keterampilan motorik kasar yang sangat tinggi, 26% (8 siswa) memiliki keterampilan motorik kasar yang tinggi, 42% (13 siswa) memiliki keterampilan motorik kasar sedang, dan 23% (7 siswa) memiliki keterampilan motorik kasar rendah, dan 6% (2 siswa) memiliki keterampilan motorik kasar yang sangat rendah.


Kata Kunci :Anak, Kemampuan Motorik, Tunagrahita Ringan


ABSTRACT


The purpose of this study was to evaluate the gross motor skills of children of SLB Negeri 4 Kota Bengkulu with mild intellectual impairment. Utilizing quantitative descriptive research in this investigation. 31 samples of students from SLB Negeri 4 Bengkulu City's grades V and VI made up the population of 72 used in this study. The tests involve sprinting 40 meters, tossing the ball as far as you can, jumping from a 15 cm beam, a long jump without a prefix, and standing for 10 seconds on one leg. demonstrates how children with intellectual disabilities differ from typically developing children in their gross motor skills by 3% (1 student) having very high gross motor skills, 26% (8 students) having high gross motor skills, 42% (13 students) having medium gross motor skills, and 23% (7 students) having low gross motor skills, and 6% (2 students) having very low gross motor skills.


Keywords : Ability, Child, Mentally Impaired, Motor

Article Details

How to Cite
Trimarta, B., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2024). The Level Of Gross Motor Skills Of Children With Mild Intellectual Impairment In SLB Negeri 4 Bengkulu City. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v5i1.30680