Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola hidup sehat dengan tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah analisis korelasi dengan pendekatan kuantitatiff dengan metode survei dengan instrumen berupa tes pengukuran, instrumen pola hidup sehat dengan menggunakan kuesioner, sedangkan kebugaran jasmani menggunakan tes TKJI umur 13 – 15 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menegah pertama negeri 1 ujan mas kabupaten kepahiang yang berjumlah 336 siswa. Sedangkan Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuiseoner dan tes TKJI. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola hidup sehat memiliki hubungan dengan hasil kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 ujan mas kabupaten kepahiang. Berdasarkan nilai  0.62 lebih besar dari pada dalam product moment diperoleh 0.339, maka keputusan menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pola hidup sehat dan kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 ujan mas kabupaten kepahiang.


Abstract


This study aims to determine the relationship between a healthy lifestyle and the level of physical fitness of students at State Junior High School 1 Ujan Mas, Kepahiang Regency. This type of research is correlation analysis with a quantitative approach using survey methodswith instruments in the form of measurement tests, and healthy lifestyle instruments using questionnaires, while physical fitness uses theTKJI test for ages 13 - 15 years. The population in this study were all students from the State 1 Ujan Mas Junior High School, Kepahiang Regency, totaling 336 students. Meanwhile, the sampling technique used a random sampling technique, totaling 36 students. Data wascollected using questionnaires and the TKJI test. The data analysis used in this research is the prerequisite analysis test and correlation test. The results of the research show that a healthy lifestyle has a relationship with the physical fitness results of students at State Junior High School 1 Ujan Mas, Kepahiang Regency. Based on the r_count value of 0.62 which is greater than r_(table) in product moment which is 0.339, so the decision is to reject the null hypothesis (Ho) and accept the alternative hypothesis (Ha ) then the conclusion is that there is arelationship between a healthy lifestyle and physical fitness (in students at State Junior High School 1 Ujan Mas, Kepahiang Regency

Keywords

Kebugaran Pola hidup Siswa

Article Details

How to Cite
Anggita sari, D., Yarmani, Y., Raibowo, S., Pujianto, D., Sugihartono, T., & Defliyanto, D. (2024). Hubungan Antara Pola Hidup Sehat Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2), 201–209. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v5i2.32534

References

  1. Aji, Reza Benny Setya, and Farida Mulyaningsih. "POLA HIDUP SEHAT SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA." Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi 7.11 (2018).
  2. Akdon, R. dan. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. alfabeta Arfianto, Y. (Universitas N. Y. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas
  3. Viii the Relations Between Healthy Lifestyle With Physical Fitness Level of Sleman 1 Junior High. Hubungan Antara Gaya Hidup Sehat Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sleman, 1–6
  4. Depdiknas, (2010). Model Pembelajaran, Malang : Pusat Kurikulum BaltibangDepdiknas
  5. Dinata, Apriyan, Sa Salasiah, and Febby Asteriani. "Preferensi Tempat Bersantai dan Rekreasi Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru, Indonesia." SPACE Sustainable, Planning, and Culture (2017): 48-60.
  6. Erliana & Hartoto. (2019) “Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 07 No. 02, P. 225-228
  7. Fahrizqi, Eko Bagus, Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, and Aditya Gumantan. 2020. “Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olaharaga Selama New Normal Pandemi Covid-19.” Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education 8(2):53–62.
  8. Giriwijoyo, S., & Sidik, Z. (2013). Fisiologi Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Gumantan, A., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengaruh Latihan Fartlek dan Cross Country Terhadap Vo2Max Atlet Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga UM Jember, 1(1), 1–9.
  10. Hersh, L., Salzman, B., & Snyderman, D. (2015). Health literacy in primary care practice. American Family Physician, 92(2), 118–124.
  11. Ihwatun, S., Ginandjar, P., Saraswati, L.D.,& Udiyono, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas PudakPayung, Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-journal), 8(3), 352-359.
  12. Irianto, K & Waluyo, K. (2010 ). Gizi dan Pola Hidup Sehat. Bandung: CV.Yarma Widya.
  13. Kasiati, & Ni Wayan Dwi Rosmalawati. (2016). Kebutuhan Dasar Manusia I. Pusdik SDM Kesehatan.
  14. Marliani, Rosleny. 2016. Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
  15. Muhajir. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  16. Nurrochmah, S. (2016). Tes dan Pengukuran dalam pendidikan Jasmani dan Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.
  17. Nurudeen, A. S. dan Toyin, A. 2020. Knowledge of Personal Hygiene among Undergraduates. Journal of Health Education. 5(2):66-71.
  18. Perdana, H. S., & Sudijandoko, A. (2019). Analisis Kebugaran Jasmani pada Unit Kegiatan Mahasiswa Bolatangan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 07(02), 331–352.
  19. Rahmawati, E. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.
  20. Silalahi, V., & Putri, R.M. (2018). Personal Hygiene Pada Anak Sd Negeri Merjosari 3. Japi (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 2(2), 15–23.
  21. Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.
  22. Sumaryoto & Nopembri, S. (2017). Pendidikan Jasmani, Olaharaga, dan Kesehatan.
  23. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  24. Welis, Wirda dan Rifki Muhamad Sazeli. 2013. Gizi Untuk Aktivitas Fisik dan Kebugaran. Padang: Sukabina Press.
  25. Wiarto, G. (2013). Budaya Hidup Sehat. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
  26. Widiastuti. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
  27. Wiranntika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017).Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabuaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran,3(2), 240-250
  28. Yudiana, Y. (2012). Latihan Fisik. Bandung: FPOK-UPI Bandung.
  29. Yulianti, T.S. (2014) Hubungan Timgkat Depresi Dengan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Dusun Semenharjo Suruhkalang Jaten. Jurnal Keperawatan.