Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan variasi zig-zag dengan metode bermain terhadap kelincahan pada siswaektrakurikuler futsal di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ektrakurikuler futsal di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara berjumlah 40 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-grouppretest-posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan tersebut adalah random sampling. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa ektrakurikuler futsal di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Perlakuan yang diberikan yaitu latihan variasi zig-zag dengan metode bermain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode tes secara langsung yaitu menggunakan tes Illionis Agility Run sebanyak 2 kali kesempatan. Uji persyarat statistik memenuhi syarat homogen dan data berdistribusi normal berdasarkan hitungan statistik didapat hasil dari data T hitung = 6,58 > T tabel = 2.045 dengan taraf α = 0,05 jika dibandingkan maka ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara latihan variasi zig-zag dengan metode bermain terhadap kelincahan menggiring bolapada pemain ektrakurikuler futsal di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara, sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan variasi zig-zag dengan metode bermain mempengaruhi peningkatan kelincahan menggiring bola pada tes Illionis Agility Run dan dapat dijadikan metode latihan untuk meningkatkan prestasi siswa.


Abstract


This study aims to determine the effect of zig-zag variations of training using the playing method on agility in futsal extracurricular students at SMA Negeri 2 North Bengkulu. This type of research is quantitative. The population in this study were 40 students who took part in extracurricular futsal at SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. The research design used was one-group pretest-posttest. The sampling technique used was random sampling. Thus, the number of samples in this study was 30 futsal extracurricular students at SMA Negeri 2 North Bengkulu. The treatment given is a zig-zag variation exercise using the playing method. The data collection technique in this research was a direct test method, namely using the Illinois Agility Run test on 2 occasions. The statistical requirements test meets the homogeneous requirements and the data is normally distributed. Based on statistical calculations, the results obtained from the data are T count = 6.58 > T table = 2,045 with a level of α = 0.05. If compared, ha is accepted. The results of this study show that there is an influence between zig-zag variation training and the playing method on ball dribbling agility in futsal extracurricular players at SMA Negeri 2 North Bengkulu, so it can be concluded that zig-zag variation training with the playing method influences increasing ball dribbling agility in the Illinois test. Agility Run and can be used as a training method to improve student achievement.

Keywords

ekstrakurikuler Futsal kelincahan zig-zag

Article Details

How to Cite
Rizki Santoso, M., Sugihartono, T., Sutisyana, A., Prabowo, A., & Ilahi, B. R. (2024). Pengaruh Latihan Variasi Zig-Zag Dengan Metode Bermain Terhadap Kelincahan Pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal Di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2), 270–282. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v5i2.32925

References

  1. Aji Kusuma. (2016). Buku Olahraga Paling Lengkap: Jakarta.PT Serambi Semesta.
  2. Hamdani M et al., n.d.. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen,
  3. Harsono. (2014). Coaching dan aspek-aspek psikologis dalam coaching. Jakarta cv. Tambak Kusuma.
  4. Hastuti, Sri Ening& Hidayati. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen ditinjau Terhadap Hasil Belajar IPA dari Kemampuan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 5 (1), 26.
  5. Hauri Raka Wiendhi Asmara 2015. Pengaruh latihan lari zig-zag terhadap kemampuan menggiring dalam permainan sepak bola peserta ekstrakurikuler di smp negeri 3 (Placeholder1)sentolo kulon progo (Hauri Raka Wiendhi Asmara 2015)
  6. Isna Khairiyah. (2020). Pengaruh metode latihan zig-zag run terhadap peningkatan keterampilanmenggiring bola pada atlet tim futsal putri gufi fc Makassar (Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, n.d.)
  7. Luthfia, Y. (2022). Kesadaran Generasi Milenial Terhadap Pentingnya Belajar Di Dusun Barat Kopelma Darussalam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
  8. Muarif, 2021. Pengembangan Media Audio Visual Latihan Passing dalam Permainan Futsal
  9. Mulyani. 2015. Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Rangkaian Listrik Seri dan Paralel Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.Jurnal Pendidikan Profesional. 4 (3), 47.
  10. Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–9.
  11. Pelawi, G. Y., & MIA, X. (2020). Makalah Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kesehatan Olahraga.
  12. Pratama, Y. R. (2019). Efektivitas Aplikasi Siprakastempra Terhadap Pelayanan Pkl Di Smk Muhammadiyah Prambanan Sleman. Eprints Uny, 1–23.
  13. Ricki Yana Razbie Ahmad Alwi Nurudin Moch. Soleh 2018. Pengaruh latihan lari zig-zag terhadap penguasaan teknikdasar dribbling pada permainan sepakbola ekstrakurikuler sdn sungapan kecamatan kadudampit
  14. Ridwan aji sasmita 2015. Pengaruh latihan zig-zag run terhadap kecepatan lari pemain futsal
  15. Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797
  16. Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797
  17. Siregar, M. E. L. (2020). Peran Leisure Satisfaction terhadap Employee Well-Being pada Karyawan Generasi Milenial serta Tinjauannya Menurut Islam (Doctoral dissertation, Universitas YARSI).
  18. Siswantoyo. 2015. htttps://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel
  19. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).
  20. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
  21. Sugiyono. (2021). Analisis Perubahan Hemodinamik. Skripsi STT Kedirgantaraan Yogyakarta, 34–50.
  22. Widiastuti, 2011. Tes dan pengukuran Olahraga. PT. Bumi Timur Jaya Keterampilan Dribble pada UKM Sepak Bola Universitas Lampung tahun 2016/2017.Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
  23. Zakiya et al., 2019. Penerapan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas x sman 3 lubuk linggau tahun pelajaran 2018/2019