Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pendidikan jasmani di Kota Bengkulu terhadap permainan bola tangan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah belum adanya data yang menggambarkan tingkat pemahaman mahasiswa pendidikan jasmani di Kota Bengkulu terhadap permainan bola tangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan jasmani di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 3,7% (2 responden) mahasiswa memiliki pemahaman dalam kategori sangat tinggi, 55,55% (30 responden) dalam kategori tinggi, 40,74% (22 responden) dalam kategori sedang, sedangkan tidak ada mahasiswa yang berada dalam kategori rendah maupun sangat rendah (0%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan jasmani di Kota Bengkulu memiliki tingkat pemahaman yang relatif tinggi terhadap permainan bola tangan


Abstract


Study aims to determine the level of understanding of physical education students in Bengkulu City towards the game of handball. The main problem in this study is that there is no data that describes the level of understanding of physical education students in Bengkulu City regarding the game. This research used a qualitative method with a descriptive approach. The research subjects were physical education students in Bengkulu City. Data collection techniques were carried out through the distribution of questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis was carried out through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing and verification. Based on the results of the analysis, it was found that 3.7% (2 respondents) of the students had an understanding in the very high category, 55.55% (30 respondents) were in the high category, 40.74% (22 respondents) were in the medium category, while there were no students in the low or very low category (0%). From these results, it can be concluded that students of physical education programs in Bengkulu City have a relatively high level of understanding of handball games

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Prabowo, A., Ilahi, B. R., & Arko, S. (2025). Tingkat Pemahaman Permainan Bola Tangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Se-Provinsi Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i1.37956

Referensi

  1. Aprianti, N. I., Rakhmawati, T. A., & Priyanto, C. wahyu. (2023). Profil Kondisi Fisik Atlet Porprov Bola Tangan Di Kabupaten Purworejo Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Penjas, 9(2), 213–218.
  2. Armadhani, W. P. M., & Gigih, S. (2022). Profil Kondisi Fisik Atlet Bola Tangan Bojonegoro Putra Menuju Poprov 2022. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(7), 51– 58.
  3. Asyfendi, moh arsyad, & Wisnu, H. (2023). minat siswa terhadap ekstrakulikuler bola tangan di sman 1 driyorejo. Jurnal Basicedu, 7(3), 1601–1608.
  4. Erlyanda, P., & Sari, Y. P. (2022). Analisis Kemampuan Koordinisasi Motorik Tangan dan Mata Dalam Permainan Bola Tangan di SDN 2 Mengandung Sari. Edukasimu.Org, 2(1), 1–8.
  5. Fitri, D. A., Yarmani, Raibowo, S., & Pujianto, D. (2024). Hubungan Antara Pola Hidup Sehat Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. 5(2).https://doi.org/10.33369/gymnastics
  6. Habiburrahman, muchammad iqbal, Septiadi, F., & Nurudin, ahmad alwi. (2022). Minat Siswa SMA Negeri Terhadap Olahraga Bola Tangan : Studi survei di kota sukabumi. Jurnal Educatio, 8(2), 428–433.
  7. Heru, M., Bachtiar, & Nugraheni, W. (2020). Evaluasi Perkembangan Prestasi Bola Tangan Kota Sukabumi Di Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat Tahun 2018. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 641–648.
  8. Junianto, T., & Tuasikal, Abdul Rachman syamSiantoro, G. (2023). Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 40–45. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6569
  9. Nasution, A. F., & Sibuea, N. (2022). Analisis Hubungan Filsafat dengan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(2), 323–337.
  10. Prabowo, A., Ihsan, N., Barlian, E., & Welis, W. (2020). Development of digital based vertical jump test instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012029
  11. Putro, Andika Bayu, & Widodo, A. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Peraturan Permainan Futsal Para Pelatih Futsal Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), 139–146.
  12. Putro, danang endarto. (2017). Tingkat Pemahaman Guru Penjas Sekolah Menengah Atas Dan Kejuruan Se-Kabupaten Pacitan Terhadap Peraturan Permainan Futsal Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Jasmani, 1(1), 52–56.
  13. Rofik, moh nur, & Kafrawi, fatkur rohman. (2022). tingkat pengetahuan penanganan cedera olahraga metode prices (protect, rest, ice, compression, elevation, support) pada atlet bola tangan. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(2), 245–255