Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs Negeri 6 Muaro Jambi dalam pembelajaran senam lantai materi meroda. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi meroda. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-D MTs Negeri 6 Muaro Jambi. Teknik analisis data melalui uji prasyarat normalitas Shapiro-wilk dan kemudian dilanjutkan dengan uji Paired Sample T test. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikasi siklus I dan II sebesar 0,061 dan 0,173 yang menunjukkan data terdistribusi normal karena nilai ssignifikasi lebih dari 0,05 (>0,05). Hasil uji coba Paired Sample T test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 (<0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelun dan sesudah menggunakan media permainan. Media permainan dapat meningkatkan teknik meroda dan memberikan motivasi untuk siswa yang belum memahami materi meroda.
Abstract
The purpose of this study was to improve the learning outcomes of class IX students of MTs Negeri 6 Muaro Jambi in learning floor gymnastics on cartwheel material. This study used a test to determine how far students understand the cartwheel material. The sample in this study was class IX-D students of MTs Negeri 6 Muaro Jambi. The data analysis technique was through the Shapiro-Wilk normality prerequisite test and then continued with the Paired Sample T test. The results of the normality test obtained a significance value of cycles I and II of 0.061 and 0.173 which showed that the data was normally distributed because the significance value was more than 0.05 (> 0.05). The results of the Paired Sample T test trial obtained a significance value of 0.000 (<0.05) which showed a significant difference between before and after using game media. Game media can improve cartwheel techniques and provide motivation for students who do not understand cartwheel material.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Aditya Maulana Firmansyah Adit, Wawan Daya, Ely Yuliawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Referensi
- Ardana, A. P., Salman, S., & Sakban, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 15 Pekanbaru. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(3), 157-162.
- Arifin, Z. (2018). Pelngarulh latihan selnam kelbulgaran jasmani (skj) telrhadap tingkat kelbulgaran siswa kellas V di Min Donomullyo Kabulpateln Malang. Al-Muldarris: Joulrnal Of Eldulcation, 1(1), 22-29.
- Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Astuti, W. (2016). Berbagai Strategi Pembelajaran Kosa Kat Bahasa Arab. Al-Manar, 5(2). Https://Doi.Org/10.36668/Jal.V5i2.38
- Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.
- Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instructioh (M. Feliberty (ed.)). Library of Congress Cataloging.
- Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference on Education (ICE2) 2018: Education and Innovation in Science in the Digital Era, 948–955. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Helrmawan, A. (2014). Konselp Bellajar dan Pelmbellajaran Melnulrult Al-Ghazali. Qathrulnâ, 1(01), 84-98.
- Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H. R., Madalena, D. K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi di sekolah urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216-224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940
- Mulrtaqi, A., Mulbin, D., & Seltiawan, W. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Meroda Dalam Senam Lantai Melalui Media Bola Gymnastic Pada Siswa Kelas VIII MTs Rouldlotull Multta’ allimin. Julrnal Keljaora (Kelselhatan Jasmani dan Olah Raga), 3(2), 202-208.
- Pratama, M. S., Handayani, S. G., Pitnawati, P., & Zullbahri, Z. (2023). Pelrbeldaan Latihan Individul dan Latihan Belrpasangan telrhadap Kelmampulan Rooling Bellakang. Julrnal JPDO, 6(4), 66-73
- Rukhmana, T., Arif, H. M., Novelti, M., Yunidar, M., Katili, A. Y., Sos, S., ... & Dumiyati, M. P. (2023). Teori Dasar Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
- Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th edition). Boston: Pearson.
- Simanjuntak, J. (2021). Psikologi pendidikan agama kristen. Pbmr Andi.
- Smaldino, Sharon E, Deborah L. Lowther, dan James D. Russel (2011) Instructional Technology & Media For Learning-Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar terjemahan Arif Rahman. Jakarta: Kencana.
- Sulroto, S. (2014) Pelngelrtian Selnam, Manfaat Selnam Dan Ulrultan Gelrakan.
- Sulyanto, S. (2016). Pelnellitian Tindakan Kellas (Ptk). Julrnal Informasi Kimia Dan Pelmodellan.
- Tarsad, T. (2015) Pelngarulh Pelrmainan Bola Telmbak telrhadap Powelr Otot Tulngkai Siswa SD. Eldulhulmaniora, 2(1), 240865.
Referensi
Ardana, A. P., Salman, S., & Sakban, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 15 Pekanbaru. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(3), 157-162.
Arifin, Z. (2018). Pelngarulh latihan selnam kelbulgaran jasmani (skj) telrhadap tingkat kelbulgaran siswa kellas V di Min Donomullyo Kabulpateln Malang. Al-Muldarris: Joulrnal Of Eldulcation, 1(1), 22-29.
Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, W. (2016). Berbagai Strategi Pembelajaran Kosa Kat Bahasa Arab. Al-Manar, 5(2). Https://Doi.Org/10.36668/Jal.V5i2.38
Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instructioh (M. Feliberty (ed.)). Library of Congress Cataloging.
Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference on Education (ICE2) 2018: Education and Innovation in Science in the Digital Era, 948–955. Malang: Universitas Negeri Malang.
Helrmawan, A. (2014). Konselp Bellajar dan Pelmbellajaran Melnulrult Al-Ghazali. Qathrulnâ, 1(01), 84-98.
Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H. R., Madalena, D. K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi di sekolah urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216-224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940
Mulrtaqi, A., Mulbin, D., & Seltiawan, W. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Meroda Dalam Senam Lantai Melalui Media Bola Gymnastic Pada Siswa Kelas VIII MTs Rouldlotull Multta’ allimin. Julrnal Keljaora (Kelselhatan Jasmani dan Olah Raga), 3(2), 202-208.
Pratama, M. S., Handayani, S. G., Pitnawati, P., & Zullbahri, Z. (2023). Pelrbeldaan Latihan Individul dan Latihan Belrpasangan telrhadap Kelmampulan Rooling Bellakang. Julrnal JPDO, 6(4), 66-73
Rukhmana, T., Arif, H. M., Novelti, M., Yunidar, M., Katili, A. Y., Sos, S., ... & Dumiyati, M. P. (2023). Teori Dasar Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th edition). Boston: Pearson.
Simanjuntak, J. (2021). Psikologi pendidikan agama kristen. Pbmr Andi.
Smaldino, Sharon E, Deborah L. Lowther, dan James D. Russel (2011) Instructional Technology & Media For Learning-Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar terjemahan Arif Rahman. Jakarta: Kencana.
Sulroto, S. (2014) Pelngelrtian Selnam, Manfaat Selnam Dan Ulrultan Gelrakan.
Sulyanto, S. (2016). Pelnellitian Tindakan Kellas (Ptk). Julrnal Informasi Kimia Dan Pelmodellan.
Tarsad, T. (2015) Pelngarulh Pelrmainan Bola Telmbak telrhadap Powelr Otot Tulngkai Siswa SD. Eldulhulmaniora, 2(1), 240865.