Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecerdasan intelektual terhadap akurasi tembakan pada permainan ketapel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas 4 dan 6 SDN Lerep 02 Kabupaten Semarang berjumlah 34 anak yang terdiri dari 22 laki laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner. Hasil data kuisioner terdapat 65% kategori tinggi, 35% kategori sedang, 0% kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa analisis kecerdasan intelektual terhadap akurasi tembakan pada permainan ketapel berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam memahami strategi, mengukur jarak, dan mengatur kekuatan tarikan ketapel berperan penting dalam mendukung akurasi tembakan permainan ketapel. Siswa dengan kecerdasan intelektual yang tinggi cenderung memiliki kemampuan motorik yang lebih baik hingga lebih mudah menguasai teknik dalam permainan ketapel. Sebaliknya, jika tingkat kecerdasan intelektual seseorang lebih rendah dapat menghambat siswa untuk bisa memahami dan menganalisis permainan ketapel, sehingga hasil akurasi yang didapatkan kurang maksimal.


Abstract


This study investigates the impact of intellectual intelligence on shooting accuracy in slingshot games using a quantitative descriptive approach. The research sample consisted of 34 students (22 males and 12 females) from grades 4 and 6 at SDN Lerep 02, Semarang Regency. Data were collected through direct observation and questionnaires. The results indicated that 65% of the students had high intellectual intelligence, 35% had medium intellectual intelligence, and none were in the low category. The findings suggest that intellectual intelligence positively affects shooting accuracy in slingshot games. Students with higher intellectual intelligence showed better accuracy, as they were able to understand and apply strategies, estimate distances, and control the pulling force of the slingshot. These students also demonstrated better motor coordination and quicker mastery of game techniques. In contrast, students with lower intellectual intelligence had difficulty understanding the game’s rules and analyzing techniques, leading to less accurate shots. In conclusion, intellectual intelligence significantly influences shooting accuracy in slingshot games, with students possessing higher intellectual intelligence performing better in both technique and accuracy

Keywords

kecerdasan intelektual akurasi permainan ketapel

Article Details

Author Biographies

Zahra Ayu Lestari, Universitas Negeri Semarang

Progam Studi Ilmu Keolahragaan 

Fakultas Ilmu Keolahragaan 

Universitas Negeri Semarang

Fajar Awang Irawan, Universitas Negeri Semarang

Progam Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan 

Universitas Negeri Semarang 

How to Cite
Lestari, Z. A., & Irawan, F. A. (2025). Analisis kecerdasan intelektual terhadap akurasi tembakan pada permainan ketapel. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 065–074. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i1.40608

References

  1. Anindhika, A. B. (2016). Kontribusi Konsentrasi Terhadap Ketepatan Passing Lambung Saat Melakukan Tendangan Sudut Pada Pemain SSB Mitra Surabaya U-14. Jurnal Kesehatan Olahraga, 5(2), 35–40.
  2. Dienes, K. R., Kost, J., & Thomas, B. (2019). Enlarging the space of viable inflation models: A slingshot mechanism. Physical Review D, 100(8), 83516.
  3. Dwijayanthi, N. M. . (2020). Revitalisasi Permainan Tradisional Ball Sebagai Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(No.1), 89–97.
  4. Gardner, H. (2016). Multiple intelligences: New horizons in theory and practice. Basic Books.
  5. Hardi, V. J., & Hastian, D. A. (2022). Tingkat Konsentrasi Siswa Dalam Ekstrakurikuler Panahan. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 14(1), 67–74.
  6. Hardi, V. J., & Nurama, D. (2019). Hubungan tingkat konsentrasi terhadap ketepatan memanah. Jurnal Olahraga, 5(2), 95–101.
  7. Hidayati, N. N. (2020). Indonesian traditional games: a way to implant character education on children and preserve Indonesian local wisdom. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 81–101.
  8. Irawan, F. A., Permana, D. F. W., Hidayah, T., Putri, W. K., Ching, H. W., Prastiwi, T. A. S., Rahesti, N., Ghassani, D. S., & Suciati, N. (2023). The implementation of traditional games in ntunhs taiwan sit-in students in indonesia. Journal Of Sport Education (JOPE), 6(1), 39–48.
  9. Irawan, F. A., Setiawati, A. S., Permana, D. F. W., Aditya, L., Rahesti, N., & Ghassani, D. S. (2024). Slingshot accuracy in traditional games: What is the ideal grip in shooting? Retos: Nuevas Tendencias En Educación Física, Deporte y Recreación, 54, 554–560.
  10. Kolloff, K., & Roebers, C. M. (2024). The relationship between metacognitive monitoring, non-verbal intellectual ability, and memory performance in kindergarten children. Frontiers in Developmental Psychology, 2, 1417197.
  11. Kusmaedi, N. (2016). Pengaruh permainan olahraga tradisional bebentengan terhadap kemampuan kelincahan anak usia 8-9 tahun. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 1(1), 29–33.
  12. Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, R., & Ardini, P. (2022). Permainan tradisional gorontalo ponti dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52–59.
  13. Maharani, A. P. G. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KINERJA AUDITOR DALAM KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris Pada Auditor dalam Kantor Akuntan Publik di Lampung dan Bali).
  14. Makdum, M. A., Irawan, F. A., & Permana, D. F. W. (2022). PRESERVASI PLINTENGAN SEBAGAI WARISAN LUHUR BANGSA INDONESIA (F. A. Irawan (ed.)). Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
  15. Muzakki, A. (2022). Buku Ajar Pembelajaran Penjas Sekolah Dasar: Disertai Panduan Pembelajaran Olahraga dan Permainan Tradisional. Feniks Muda Sejahtera.
  16. Nasution, U., & Hendryanto, F. (2024). Kontribusi konsentrasi terhadap kemampuan tendangan penalti sepakbola siswa SSB Bina Putra Sosa. JURNAL SPORT ROKANIA, 4(2), 76–89.
  17. Nugroho, P. I., & Cahyaningtyas, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 81–90.
  18. Nusufi, M. (2016). Melatih Konsentrasi Dalam Olahraga. Ilmu Keolahragaan, 15 (2), 54–61. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 54–61. https://jurnal.unimed.ac.id/
  19. Pelana, R., & Oktafiranda, N. D. (2017). Teknik Dasar Olahraga Panahan.
  20. Pratama, R., Hardiyono, B., Muchlisin, A., Pasaribu, N., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2020). Pengaruh Latihan Self-Talk dan Imagery Relaxation terhadap Konsentrasi dan Akurasi Tembakan 3 Angka. Jurnal Altius, 9(1), 47–56.
  21. Rahesti, N., Irawan, F. A., & Chuang, L.-R. (2023). Analisis permainan tradisional dalam pelestarian budaya: Systematic literatur review. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 22–29.
  22. Rahesti, N., Irawan, F. A., & Long-Ren, C. (2024). Biomechanical Analysis of Slingshot Grip dan Pull in Traditional Game. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 9(1), 18–27. https://doi.org/10.26740/jossae.v9n1.p18-27
  23. Saharani, E., Putri, A. D., Rahmawati, S., Machbub, A. D. Z., Rahmawati, N. S., & Setyawan, F. B. (2023). Peran Tim PPK Ormawa HMPS PGSD Dalam Peningkatan Kemampuan Olahraga Melalui Pelatihan Ketapel di Desa Tepus Gunungkidul. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 57–64.
  24. Samsu, S. (2021). Metode Penelitian:(Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Pusaka Jambi.
  25. Sternberg, R. J. (2015). Triarchic theory of intelligence: Concepts and implications. Cambridge University Press.
  26. Subagyo, D. P. (2024). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KONSENTRASI, DAN MOTIVASI TERHADAP AKURASI PADA PERMAINAN TRADISIONAL PLINTHENGAN.
  27. Subagyo, D. P., Kusuma, D. W. Y., & Wahyudi, A. (2024). the influence of concentration and motivation on the accuracy of the slingshot game. Journal of Physical Education and Sports, 13(4), 46–53.
  28. Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (25th ed.) ALFABETA.
  29. Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
  30. Syamsudin, M. A. (2021). Eksistensi permainan tradisional yang memiliki manfaat bagi aspek perkembangan anak usia dini di ra kecamatan tegaldlimo. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 77–83.
  31. Wijiastuti, A., & Puspitasari, N. A. (2021). Nilai sosial dalam permainan tradisional betawi. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 122–140.