Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepak bola pada siswa sekolah dasar Sumberejo 2 melalui penerapan metode fun game. Dalam pembelajaran sepak bola banyak siswa yang merasa kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami teknik-teknik dasar yang diajarkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan penerapan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar Sumberejo 2 dengan jumlah yaitu 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siklus I yaitu 19 siswa (63,33%) dinyatakan tuntas, sedangkan siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%). Sehingga kesimpulannya yaitu metode fun game terbukti efektif meningkatkan hasil belajar yang menyenangkan dan mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan olahraga sepakbola. Dengan demikian, metode fun game dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sepak bola di tingkat Sekolah Dasar.


Abstract


This study aims to improve the learning outcomes of soccer in elementary school students of Sumberejo 2 through the application of the fun game method. In learning soccer, many students feel less interested and have difficulty in understanding the basic techniques taught. The research method used is Classroom Action Research with the application of 2 cycles. The subjects of this study were elementary school students of Sumberejo 2 with a total of 30 students. The results of the study showed that the results of cycle I, namely 19 students (63.33%) were declared complete, while cycle II obtained 26 students (86.67%). So the conclusion is that the fun game method has proven to be effective in improving enjoyable learning outcomes and encouraging students to be more active in participating in soccer sports activities. Thus, the fun game method can be used as an alternative to improve the quality of soccer learning at the Elementary School level

Keywords

Pembelajaran sepak bola Fun Game peningkatan keterampilan

Article Details

How to Cite
Kurniawan, D. A., Sumarti, E., Pamungkas, H., Suyuf, D., & Aofal, R. (2025). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sepak Bola Menggunakan Metode Fun Game Pada Siswa Sekolah Dasar Sumberejo 2. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 106–116. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i1.40863

References

  1. Aji, B. (2012). Nasionalisme dalam Sepak Bola Indonesia Tahun 1950-1965. Lembaran Sejarah, 10, 135–148.
  2. Azizi, A. I., Widiawati, P., Pendidikan, S., Olahraga, K., Keolahragaan, F. I., Negeri, U., Pass, R., & Control, P. (2024). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga PENGARUH LATIHAN REBOUND PASS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN. 9(April), 135–142.
  3. Covid-, S. P., & Ihwanto, N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Disertai Video Pembelajaran. 7(1), 35–49.
  4. Hasrion, Sari, M., & Gazali, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan kemampuan teknik dasar shooting sepakbola melalui metode bagian. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5119
  5. Mardhika, R., & Dimyati, D. (2015). Pengaruh Latihan Mental Dan Keyakinan Diri Terhadap Keberhasilan Tendangan Penalti Pemain Sepak Bola. Jurnal Keolahragaan, 3(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.4973
  6. Mulyadi, D. Y. N. (2019). MENINGKATKAN HASIL PENELITIAN PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MODIFIKASI BOLA (Penelitian Tindakan Kelas V SDN Palasari). Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(2), 11. https://doi.org/10.31602/rjpo.v2i2.2477
  7. Munir, A., Zahed, A., Qurtubi, A., & Wahyudir, A. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Sport For Develpoment. 7(2), 119–129.
  8. Nur Subekti. (2018). Multistage Fitness Test ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05(1), 44–48.
  9. Pizzo, A. D., Baker, B. J., Na, S., Lee, M. A., Kim, D., & Funk, D. C. (2018). eSport vs. Sport: A comparison of spectator motives. Sport Marketing Quarterly, 27(2), 108–123.
  10. Ramadan, G. (2018). JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 0–6. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara
  11. Rizkyanto, W. I. (2022). Peran Pembelajaran Cooperative Learning untuk Meningkatkan Aspek Afektif dalam Pembelajaran PJOK. 07(02), 130–140.
  12. Rusiawati, R. T. H. D., & Wijana, I. K. (2022). Analisis Hasil Pengukuran Antropometri pada Atlet Cabang Olahraga Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 198. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.40841
  13. Rustanto, H. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75–86.
  14. Subyakto, R. C., Pamungkas, H., Kurniawan, R., & Yusuf, H. (2024). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Pengaruh Komposisi Tubuh terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Sepak Bola Liga 1 Persija Jakarta. 5(3), 407–412.