Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan tradisional untuk meningkatkan hasil belajar materi dribbling sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas VII SMPN 20 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah  tes keterampilan bermain sepak bola yaitu tes menggiring bola (Dribbling) dengan validitas  0,979 dan reliabilitas 0,983 . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, tes awal (Pretest),  dan tes akhir (Posttest). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dengan uji hipotesis menggunakan t-test diperoleh t hitung= 2,79391 dan t tabel = 2,04523 ( t hitung > t tabel) , dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi modifikasi permainan tradisional untuk meningkatkan hasil belajar materi dribbling sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu.


ABSTRACT


This study aims to determine the effect of modifying traditional games to improve learning outcomes in soccer dribbling material for class VII students of SMP Negeri 20 Bengkulu City.. This type of research is quantitative with a quasi- experimental research design. The subjects in this study were 30 male students of grade VII of SMPN 20, Bengkulu City. The instrument in this study was a soccer playing skills test, namely a dribbling test (Dribbling) with a validity of 0.979 and a reliability of 0.983. The data collection methods used are documentation, observation, initial test (Pretest), and final test (Posttest). Based on the results of data analysis and discussion withhypothesis testing using t-test, t_count = 2.79391 and t_table = 2.04523 (t_count> t_table) were obtained, using asignificance level of α = 5%. This shows that there is a significant influence of modifying traditional games to improve learning outcomes of soccer dribbling material for class VII students at SMP Negeri 20, Bengkulu City.

Keywords

Permainan Tradisional Modifikasi dribling

Article Details

How to Cite
Permadi, A., Sutisiyana, A., Syafrial, Yarmani, & Khoiri, I. (2025). Pengaruh Modifikasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dribbling Sepak Bola Pada Siswa Kelas VII. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 286–293. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i2.41381

References

    Aminullah, W., Ilham, I., & Decheline, G. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kecepatan Atlet Futsal Special Olympics Indonesia (SOIna) di SLB Sri Soedewi Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 175–184. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19607
    Barnanda Rizky, O., Yarmani, Tono Sugihartono, Permadi, A., & Prabowo, A. (2023). Improving Football Dribbling Skill Through the Play Method at SSB Harapan Bangsa Central Bengkulu Regency Aged 10-12 Years. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(3), 813–823. https://doi.org/10.33369/jk.v7i3.28506
    Daya, W. J., Chan, F., & Muzaffar, A. (2017). PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN TARGET UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BOLA VOLI FIK UNIVERSITAS JAMBI. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4249
    Faridah, Eva. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagogis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–53.
    Fajarwati, Siti & Sceisarriya, Vega Mareta. (2020). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan Tahun Pelajaran 2018/2019. Sprinter: Jurnal Ilmu Olahraga, 1(2), 91–96.
    Ikramullah, V., Pujianto, D., Permadi, A., & Prabowo, A. (2024). Efforts to Improve Sprint Running Learning Outcomes (Athletics) Through a Traditional Game Approach (Gobag Sodor) for Class IV Students at SDN 10 Ujan Mas. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 129–143. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v5i1.32437
    Lestari , Kerunia Eka & Yudhanegara , Mokhamad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Editama.
    Mulyani. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Diva Press.
    Pristiwanti, Desi., Badariah, Bai., Hidayat, Sholeh., & Dewi, Ratna Sari. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(6), 7911–7915.
    Sari, Deprita., Supriyadi, Muhammad., Syafutra, Wawan., & Okilanda ,Ardo. (2021). Modifikasi Latihan Permaianan Sepak Bola untuk Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Pada Peserta SSB Silampari Tugumulyo. Jurnal Patriot, 3, 192–202.
    Sepdanius. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT Raja Grafindo Persada.
    Supriyono, E. (2018). Pengembangan aplikasi tes keterampilan sepakbola berbasis web. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.12764
    UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
    Widodo, Haryo Mukti. (2023). Introducing Traditional Games in Elementary School Physical Education Learning. Journal of Sport Moovera (JSM), 1(1), 18–22.
    Yunarta, Arsika & Arini, Reda Ratna. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Jombang Tahun Ajaran 2017/2018. Bravo’s Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan STKIP PGRI Jombang, 5(4).