Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi D’Volleyball Metrics dalam pembelajaran bola voli di SMP Negeri 1 Indralaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus tindakan dengan instrumen berupa tes kognitif dan observasi keaktifan belajar. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas VIII. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada setiap siklus. Pada pra-siklus, ketuntasan pengetahuan siswa hanya 21,88% dengan rata-rata 52,71, dan keaktifan belajar 47,27%. Siklus I meningkat menjadi 56,25% (pengetahuan) dan 69,73% (keaktifan). Pada siklus II, hasilnya melonjak menjadi 90,63% untuk pengetahuan dan 81,25% untuk keaktifan. Dengan demikian, penerapan aplikasi D’Volleyball Metrics terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran bola voli. Disarankan pengembangan fitur audio-visual offline agar tetap optimal meski tanpa koneksi internet

Abstract


This study aims to analyze the effectiveness of using the D'Volleyball Metrics application in volleyball learning at SMP Negeri 1 Indralaya. The method used is Classroom Action Research (CAR) through two action cycles with instruments in the form of cognitive tests and observations of learning activity. The research subjects consisted of 32 eighth-grade students. The results showed a significant increase in each cycle. In the pre-cycle, student knowledge mastery was only 21.88% with an average of 52.71, and learning activity was 47.27%. Cycle I increased to 56.25% (knowledge) and 69.73% (activity). In cycle II, the results jumped to 90.63% for knowledge and 81.25% for activity. Thus, the application of D'Volleyball Metrics proved to be effective in improving student learning outcomes and activity in volleyball learning. It is recommended that offline audio-visual features be developed to remain optimal even without an internet connection.  Translated with DeepL.com (free version).


Keywords

Aktifitas Bolavoli pembelajran

Article Details

How to Cite
Surya Kencana BR, A., Destriani, & Richard Victorian, A. (2025). Efektivitas Penggunaan D’Volleyball Metrics Dalam Pembelajaran PJOK Di SMP. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 359–372. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i2.41705

References

    Ani, D., Ramdani, A., & Bayu, W. I. (2022). Efektivitas Penggunaan D’volleyball Learning Application Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 7(2), 183–192. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11968
    Aryanti, S., Nanda, F. A., Agustin, N. T., & Safitri, I. (2025). Penggunaan aplikasi digital pembelajaran bulutangkis dalam kurikulum merdeka belajar. 8(204), 1–11. https://doi.org/10.33474/jipemas.v8i1.22445
    Destriani, D., Ramdani, A., & Bayu, W. I. (2022). Efektivitas Penggunaan D’volleyball Learning Application Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 7(2), 183–192. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11968
    Destriani, D., Yusfi, H., Hartati, H., Destriana, D., Aryanti, S., Resah, R., Giartama, G., Bayu, W. I., & Asrul, M. (2021). PROMOTIF : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi dan pendampingan penggunaan D ’ Volleyball Learning Application bagi guru pendidikan jasmani Info Artikel Abstrak Wabah coronavirus disease yang sering kita kenal dengan covid-19 telah terjadi dis. 1(2), 161–169.
    Destriani, Yusfi, H., Bayu, W. I., Usra, M., Syafaruddin, Nanda, F. A., Destriana, Aryanti, S., Alfarandi, R., & Prasetyo, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web D ’ volleyball Learning Application Pada Guru PJOK. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 3(2), 64–71.
    Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
    Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.
    Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515
    Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.
    Priando Purba, B. E., Riris, I. D., & Muchtar, Z. (2021). Development of Website-Based Learning Media Integrated Inquiri Learning Strategies in Learning Thermochemical Matter Chemistry. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 454–461. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1658
    Victorian, A. R., Muslimin, Muslimin Destriana, D., Destriani, D., & Victorian. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Tes Passing Bola Voli Berbasis Android. Journal of Sport Science and Fitness, 8(2), 125–130.
    Muslimin, M., Destriani, D., & Destriana, D. (2021). The effectiveness of drills smash learning techniques in volleyball games. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 115–121.
    S.Winataputra, P. D. U. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
    Shellen, S., Usra, M., Destriani, D., Bayu, W. I., & Nanda, F. A. (2024). Improving the Learning Outcomes of Volleyball Passing Through the Wall-Bounced. Journal of Learning Theory and Methodology, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.17309/jltm.2024.5.2.03
    Slam, Z. (2021). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Dilengkapi. 42.
    Sobri, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Tentang Permainan Bola Volly Denga Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Drill Dan Bermain Pada Kelas Vi Sdn 101/Ii Muara Bungo. MENARA Ilmu, XIII(9), 55–60.