Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model latihan permainan unit 4-2 menggunakan dua sentuhan dan satu sentuhan terhadap peningkatan kemampuan ground passing dalam permainan futsal pada atlet SMANKO Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest satu kelompok (one group pretest-posttest design) yang melibatkan 30 atlet futsal sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan ground passing yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan model latihan. Hasil uji t memperoleh nilai thitung = 28,56 > ttabel = 1,699, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir setelah diberi perlakuan. Nilai rata-rata kemampuan ground passing meningkat dari 6 pada pretest menjadi 8 pada posttest, dengan mayoritas atlet berada pada kategori “Baik Sekali” (77%). Temuan ini membuktikan bahwa model latihan permainan unit 4-2 dengan dua sentuhan dan satu sentuhan efektif dalam meningkatkan kemampuan teknik dasar ground passing futsal. Model ini menekankan pengambilan keputusan cepat, kontrol bola yang efisien, dan akurasi operan dalam konteks permainan nyata, sehingga direkomendasikan sebagai strategi latihan berbasis permainan untuk mengoptimalkan performa teknik futsal di tingkat pelajar.


Abstract


This study aims to analyze the effect of the 4-2 unit game training model using two touches and one touch on improving ground passing skills in futsal among athletes at SMANKO Bengkulu Province. This study used an experimental method with a one-group pretest-posttest design involving 30 futsal athletes as research samples. The research instrument was a ground passing skill test conducted before and after the application of the training model. The t-test results obtained a t-count = 28.56 > t-table = 1.699, which means that there was a significant effect between the initial test results and the final test results after the treatment. The average ground passing ability score increased from 6 on the pretest to 8 on the posttest, with the majority of athletes in the “Very Good” category (77%). These findings prove that the 4-2 unit game training model with two touches and one touch is effective in improving basic futsal ground passing skills. This model emphasizes quick decision-making, efficient ball control, and passing accuracy in a real game context, so it is recommended as a game-based training strategy to optimize futsal technical performance at the student level.

Keywords

Latihan 4-2 Futsal Ground Passing

Article Details

How to Cite
Fatwa, Sutisyana, A., Prabowo, A., Permadi, A., & Pujianto, D. (2025). Pengaruh Model Latihan Permainan Unit 4-2 Menggunakan Dua Sentuhan Dan Satu Sentuhan Terhadap Kemampuan Melakukan Ground Passing Dalam Permainan Futsal Pada Atlet Futsal Smanko Provinsi Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 373–383. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i2.44076

References

  1. Arifin, R. (2014). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknik Bangunan Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
  3. Atiq, A. (N.D.). Pengaruh Model Permainan Terhadap Hasil Passing Sepak Bola Pada Kelas Viiia Smpn 4 Sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 3(7).
  4. Fahrizqi, E. B. (2018). Hubungan Panjang Tungkai, Power Tungkai Dan Koordinasi Mata-Kaki Dengan Kemampuan Passing Pada Pemain Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Futsal Perguruan Tinggi Teknokrat. Journal Of Sport (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, And Training), 2(1), 32–42.
  5. Festiawan, R. (2020). Pendekatan Teknik Dan Taktik: Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Bermain Futsal. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 143–155.
  6. Fikri, Z., & Fahrizqi, E. B. (2021). Penerapan Model Latihan Variasi Passing Futsal.Journal Of Physical Education, 2(2), 23–28.
  7. Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method Dan Research And Development. Malang: Madani Media.
  8. Hatta, M. (2018). Media Sosial, Sumber Keberagamaan Alternatif Remaja (Fenomena Cyberreligion Siswa Sma Negeri 6 Depok Jawa Barat). Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
  9. Haryono, dkk. 2021. “Alat Pelontar Bola Futsal ZPD Untuk Keterampilan Teknik Permainan Futsal.” P. 162 in Ahlimedia Press, edited by Y. Umaya. Malang: Ahlimedia Press (Anggota IKAPI: 264/JTI/2020.
  10. Hulfian, Lalu. 2020. “Pengaruh Latihan Boomerang Run Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Futsal.” Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi 3(1):9–14.
  11. Idris, F., & Dimyati, A. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Dan Movement Without The Ball Futsal Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Sekolah Menengah Atas Berbasis Games Kompetisi. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 75–84.
  12. Juniarsyah, A. D., Apriantono, T., & Adnyana, I. K. (2017). Karakteristik Fisiologi Pemain Futsal Profesional Dalam Dua Pertandingan Berturut- Turut. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(2), 31
  13. Kahansyah, I., Subarjah, H., & Supriyadi, T. (2018). Pengaruh Modifikasi Permainan Kucing- Kucingan Terhadap Kemampuan Passing Pada Permainan Sepak Bola. Sportive, 3(1), 21–30.
  14. Marzuki, I. (2022). Pengaruh Model Latihan 4-1 Menggunakan Dua Sentuhan Terhadap Keterampilan Passing Sepak Bola Pemain M2 United Tahun 2020. Journal Sport Science, Health And Tourism Of Mandalika (Jontak), 3(2), 55– 62.
  15. Mulyono.2017. “Hubungan Power Otot Tungkai Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Futsal Di Tim Futsal SMA.” Educative Sportive 3(03): 43- 47.
  16. Munyanti, D. (2017). Manfaat Bermain Kucing-Kucingan Dalam Latihan Sepak Bola. Diambil Dari: Http://Scdc. Binus. Ac. Id/Sepakbola/2017/02/Manfaat- Bermain-Kucing-Kucingan-Dalam- Latihan-Sepakbola/.(29 Juli 2019).
  17. Naser & Ali.2016.”Pengaruh latihan Variasi Passing Terhadap Peningkatan passing pada Tim Putra UKM Futsal STKIP PGRI Pacitan.”Paper Knowledge. Toward a Media History of Document: 6-33.
  18. Nuryadi et al. 2017. Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian.
  19. Rafi Afdholul Fauzi, & Khamim Hariyadi. (2021). Pengaruh Model Latihan Ground Pass Terhadap Passing Permainan Sepakbola Pada SSB Perisai Muda Trenggalek KU 14-16 Di Gandusari. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(2), 180–186. https://doi.org/10.46838/spr.v2i2.123
  20. Sinaba, B. C., Zhannisa, U. H., & Royana, I. F. (2020). Pengaruh Permainan 4-2 Kucng- Kucingan Satu Sentuhan Dan Dua Sentuhan Terhadap Kemampuan Ketepatan Passing Pada Siswa Ekstrakulikuler Futsal Sma Negeri 3 Pemalang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 29–35.
  21. Sugiyono. (2014). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta
  22. Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi Dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (Ppsk) Bank Indonesia. Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  23. Suryanata, A. A., Pelana, R., & Setiakarnawijaya, Y. (2021). Dribbling Futsal Training Model Based On Game For Senior High School. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(04), 314–325.
  24. Syafrizal, R., Suherman, A., & Saptani, E. (2018). Pengaruh Permainan Sepakbola Kucing- Kucingan Terhadap Passing Dan Control Dalam Sepakbola. Sportive, 3(1), 621–630.