Main Article Content

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan sesorang untuk melakukan aktivitas fisik sehari-hari secara efesien dan aktif tanpa menimbulkan kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XI SMK Yadika Langowan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 16–19 tahun yang mencakup lari 60 meter, angkat tubuh, sit up, loncat tegak, dan lari 1200 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 43,33% siswa berada pada kategori sedang (26 siswa), 20% kurang (12 siswa), 6,67% kurang sekali (4 siswa), 21,67 % baik (12 siswa), dan 8,33% baik sekali (5 siswa).Jumlah nilai rata-rata keseluruhan TKJI siswa berjumlah 15,67. maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil keseluruhan tes, kondisi kebugaran jasmani Siswa kelas XI SMK Yadika Langowan berkategori “Sedang”. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas pembelajaran PJOK, penambahan program olahraga ekstrakurikuler, serta evaluasi kebugaran jasmani secara berkala.


Abstract


Physical fitness is a person's ability to perform daily physical activities efficiently and actively without causing fatigue. This study aims to analyze the level of physical fitness of grade XI students of SMK Yadika Langowan. This study uses a survey method with a quantitative approach. The research sample consisted of 60 students. The instrument used was the Indonesian Physical Fitness Test (TKJI) for 16–19 year olds which includes 60 meter running, body lifting, sit ups, vertical jumps, and 1200 meter running. The results showed that 43.33% of students were in the moderate category (26 students), 20% were less (12 students), 6.67% were very less (4 students), 21.67% were good (12 students), and 8.33% were very good (5 students). The total average value of the overall TKJI students was 15.67. It can be concluded based on the overall test results, the physical fitness condition of grade XI students of SMK Yadika Langowan is in the "Moderate" category. This study recommends improving the quality of physical education (PJOK) instruction, adding extracurricular sports programs, and conducting regular physical fitness evaluations.

Keywords

Kebugaran Jasmani Pendidikan Jasmani Ekstrakurikuler

Article Details

How to Cite
Ricky, R. A. S., Moleong, M., & Ramli, M. (2025). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika Langowan. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 262–271. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i2.44825

References

  1. Arfanda, P. E., & Asyhari, H. (2019). PKM Senam Kebugaran Jasmani 2018. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 331–332.
  2. Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218-234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234
  3. Bangun, S. Y. (2019). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri se-Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 4(1), 30-35. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p30-35
  4. Budiman, A., Hadyansah, D., Saputra, D. N., & Aulia, F. A. (2023). Pelatihan Kebugaran Jasmani Untuk Pelajar Sebagai Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar. aksararaga, 5(1), 58-62.
  5. Asim. (2001). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik. Jurusan Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.
  6. Hibatulloh, H. M. (2023). PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(10), 3-3. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i2.2024.18
  7. Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa smp negeri di Madiun. Jurnal Pendidikan Olaharaga Dan Kesehatan, 9(1), 7-18.
  8. Rahman, G. F. N. (2017). Survey Tingkat Kesegaran Jasamni Siswa Cerdas Istimewa Angkatan Tahun 2014 Dan Angkatan Tahun 2015 Sma Negeri 1Krian. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 44– 48.
  9. Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 117-126.
  10. Saputro, Y. D. (2018). Survei tingkat kebugaran jasmani pada siswa putri kelas VIII MTS Surya Buana Malang tahun pelajaran 2017/2018. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 92-101.
  11. Susana, E. N., Sahreni, S., & Gulo, C. P. (2023). HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN MEMORI JANGKA PENDEK (SHORT-TERM MEMORY) PADA PELAJAR KELAS XII SMA KRISTEN BASIC BATAM. Zona Kedokteran: Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam, 13(3), 439-447.
  12. Tanjung, S. F. K., & Sulastio, A. Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Penjas Siswa SD IT Al Qudwah Pekanbaru Kelas VA. Journal Sport Science Indonesia, 4(3), 101-112. https://doi.org/10.37776/zked.v14i1.1352
  13. Wiarto (2015). Panduan Berolahraga untuk Kesehatan dan Kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 240-250.